Tips Mengatasi Laptop Ryzen dengan kartu Grafis NVIDIA tapi LAG dan STUTTER



Laptop dengan processor Ryzen APU belakangan ini sudah mulai menggunakan kartu grafis rivalnya untuk daya pacu grafisnya.

Namun menggunakan kartu grafis NVIDIA pada notebook Ryzen APU terkadang membuat notebook berasa tidak maksimal dan bahkan berasa stutter dan lag yang berlebih walaupun sudah merubah settingan sampai LOW.

Nah, kali ini kami ingin berbagi solusi berdasarkan pengalaman kami mereview laptop Ryzen yang menggunakan kartu grafis NVIDIA.

Sebelum itu cek juga review ASUS TUF FX505DT dan ASUS Zephyrus G GA502.

1. Windows updates

Pastikan windows kalian sudah terupdate sampai kepada update terbaru dan menggunakan windows berlisensi.

2. Driver updates

Pastikan juga kalian sudah menggunakan driver update terbaru, tidak perlu sampai beta update kok. cukup update stable terbaru.

3. Aplikasi bawaan notebook

Setiap notebook gaming biasanya memiliki aplikasi bawaan masing masing. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk memaksimalkan kinerja processor dan kartu grafis notebook kalian sampai maksimal.

Beberapa yang mungkin sering kami lihat adalah ASUS Armoury Crates yang dapat mengaktifkan mode Turbo saat notebook terpasang dengan charger.

4. Utamakan gaming saat menggunakan charger bukan battery

Performa notebook menggunakan battery dan charger akan sangat berbeda jauh. Selain beberapa mode high performance tidak bisa aktif dalam mode battery,  beberapa laptop menurunkan speed fan nya sehingga menyebabkan CPU dan GPU throttle-ling saat digunakan main game.

5. Mengaktifkan High Performance mode di power options

Dengan merubah power save mode ke perfomance mode di power options akan memberikan 100% dari utilitas CPU dan GPU laptop kalian.



Untuk mengaksesnya cukup klik kanan di icon battery pada taskbar dan memilih power option.

6. Merubah settingan pada NVIDIA control panel

Untuk notebook Ryzen APU ternyata NVIDIA menyematkan option yang harus dirubah pada control panelnya.



Option ini bisa ditemukan di bagian manage setting lalu preferred graphic processor. Rubah option ini dari auto menjadi High Performance NVIDIA Processor.

7. Menambahkan game kalian di Graphic Setting Windows

Windows 10 juga menyimpan option khusus untuk pemilihan kartu grafis yang akan digunakan. Dan hal ini sangat penting ternyata. 

Beberapa game yang kami uji seperti Black Ops IV ternyata menggunakan kartu grafis APU Ryzen dibandingkan NVIDIA saat kami belum menambahkan game ini ke graphic setting.



Hasilnya setelah kami tambahkan sebagai high performance apps / game, performa gaming pada Black Ops IV menjadi maksimal bahkan pada high setting.

Itulah beberapa hal untuk mengatasi lag atau stutter saat bermain game pada laptop / notebook Ryzen APU dengan kartu grafis NVIDIA. (Ys)


Post a Comment

0 Comments