Review Lengkap Lenovo Thinkpad T14 20UES1X700 Ryzen 7 4750U



 Lenovo Thinkpad adalah notebook professional yang tidak diragukan lagi performanya oleh kalangan profesional dikarenakan build qualitynya yang dapat dibilang superior di kelasnya.

Terus menghadirkan generasi terbaru dari jajaran Thinkpadnya Lenovo kini kembali bekerja sama dengan AMD untuk menghadirkan processor Ryzen PRO 4000 sebagai tenaga pacunya.

Salah satunya adalah unit yang sedang kami review di studio kepotekno kali ini.

 



Lenovo Thinkpad T14 Ryzen 7 PRO 4750U dengan kode 20UE S1X700 ini merupakan salah satu notebook yang kami anggap sangat profesional sekali baik dalam desain maupun spesifikasinya.

Tentunya dari segi desain Lenovo Thinkpad T14 ini tetap mempertahankan desain classic ciri khas seri thinkpad dengan build quality yang sangat tangguh. 


Untuk finishing nya masih menggunakan warna hitam doff yang memiliki feel seperti karet dimana untuk material ini memang tidak seperti notebook glossy yang mudah meninggalkan sidik jari namun tampaknya tetap meninggalkan noda apabila tangan kalian basah ataupun berminyak.

Dibagian interface IO nya notebook ini dibekali dengan port charger yang menggunakan usb type C, USB 3.2, audio jack, hdmi, micro sd dan juga yang menarik adanya port untuk docking accessories dari lenovo.

 

port docking ini bisa kalian gunakan untuk docking station yang akan memberikan kalian tambahan beberapa port lagi untuk keperluan kinerja kalian.

selain itu  disisi kanan nya juga terdapat port ethernet dan juga satu lagi USB 3.2.

Oh ya untuk kalian yang masih membutuhkan akses komunikasi dengan provider mobile Lenovo thinkpad T14 ini masih menyediakan slot sim card berukuran nano simcard dibagian belakang.

dibagian dalamnya, Lenovo Thinkpad T14 ini dilengkapi dengan keyboard yang sangat enak digunakan untuk mengetik yang dilengkapi dengan backlit yang bisa di atur dengan menekan ke fn dan spasi dan tentu saja masih dibekali thumb stick untuk para profesional typer yang membutuhkan akses pointer dengan cepat.

untuk desain trackpadnya juga masih menggunakan desain classic dengan 3 tombol fisik di bagian atas dan juga 2 tombol lagi dibagian bawah untuk klik kiri dan kanan.

dan untuk kalian yang ingin memberikan sekuritas yang lebih baik lenovo thinkpad t14 ini juga memiliki fingerprint scanner disebelah kanan dari trackpad.

dan tentu saja yang patut diapresiasi adalah letak tombol power yang diluar dari layout keyboard.



 

untuk display sendiri Lenovo Thinkpad T14 ini dilengkapi dengan layar display 14" panel IPS 1080p dengan anti glare sehingga kalian masih bisa tetap menggunakan notebook ini di lokasi outdoor pada siang hari.

bezel yang digunakan cukup tipis di sisi kiri dan kanan untuk bagian atas dan bawah walaupun agak lebar namun tidak mengganggu aktifitas.

 

Untuk layar yang disematkan merupakan layar sentuh yang cukup baik sensifitas dan akurasinya. walaupun notebook T14 ini bukanlah notebook desain layaknya seri yoga.

untuk dibagian atas dapat ditemukan kamera full hd serta sensor infrared untuk face recognition sehingga kalian bisa menggunakan windows hallo.

dibagian bawah layar terdapat speaker yang menurut kami suaranya sangat baik berkat dukungan dolby audio.

masuk ke spesifikasinya, Lenovo thinkpad T14 ini dibekali processor Ryzen 7 Pro 4750U yang merupakan processor 8 cores 16 threads dengan clock dapat mencapai 4.1 Ghz.

notebook ini dilengkapi dengan 8 GB DDR4 3200Mhz yang tersolder dan penyimpan SSD M.2 Nvme 512 GB.

Batere yang disematkan juga cukup besar yaitu 50Wh yang membuat Lenovo T14 ini bisa bertahan sampai diatas 10 jam dalam sekali charge tentunya hal ini tergantung seberapa berat aktifitas kalian.

untuk performa Ryzen Pro series sendiri memang tidak perlu diraguan lagi, menggunakan arsitektur 7nm dengan minimal TDP 15 watt saja saat boost tidak aktif menjadikan processor ini jajaran dari processor mobile dengan kemampuan yang dapat dibilang sangat powerful.

Pengete stan kami untuk aktifitas offices tentunya kita melakukan pengetestan sintetis dengan PC Mark dan hasil pengetestan cukup memuaskan.


Selain itu performa dari grafik radeon yang disematkan juga cukup powerful dengan score yang dapat mengungguli p erforma dari onboard graphic dari mobile processor lainnya.

Untuk memaksimalkan penggunaan onboard graphic ini kalian bisa melakukan setting melalui BIOS untuk memaksimalkan VRAM yang digunakan menjadi 2 GB atau kalian bisa membiarkannya auto agar memiliki kapasitas RAM yang lebih leluasa saat kalian tidak melakukan aktifitas yang membutuhkan VRAM besar.

Performa real nya sendiri pengujian kami lakukan dengan melakukan rendering dengan aplikasi blender.

Untuk file test BMW processor dengan 8 cores 16 threads ini tentunya tidak menunjukan kesulitan dalam melakukan render. Performa saat render didapatkan processor bisa menjalankan boost clock sampai 2 Ghz pada semua coresnya dan suhu berkisar 80 C.

 

Memang dalam mode performa notebook ini tergolong memiliki suhu cukup tinggi, tapi dapat dimaklumi karena Lenovo T14 ini cukup tipis.

Sedangkan untuk performa gaming, tentunya kita melakukan pengetestan di beberapa game dengan settingan yang cukup variatif untuk mendapatkan performa yang ideal.

Genshin Impact bisa dimainkan dengan 30 FPS dengan grafik low pada resolusi 1080p.

Dan begitu juga dengan game Kingdom Hearts III yang tidak kami sangka bisa berjalan di 720p menggunakan  settingan low dengan performa sangat baik.

Namun tentunya dengan harga msrp Rp 14.450.000 untuk para gamer bisa memilih varian notebook yang memiliki kartu grafis diskrit.

Sehingga sasaran dari Lenovo Thinkpad T14 ini memang ditujukan kepada para professional yang membutuhkan performa notebook tinggi dengan daya tahan yang kokoh.



Post a Comment

0 Comments