Laptop gaming tipis paling MURAH dari ASUS ROG

Era dimana laptop gaming hadir dengan dimensi yang tipis dan ringan akhirnya bukan mimpi lagi.
Salah satunya adalah dari brand yang terkenal dedikasinya untuk gaming.

ASUS dengan jajaran ROG nya kembali menghadirkan laptop ROG dengan harga yang terjangkau namun mempunya desain yang tipis dan ringan.

Hadir dengan dimensi yang kecil dan berat hanya 2 kg, tidak menjadikan notebook ini memiliki spesifikasi yang nanggung.




Salah satu varian yang kami review ini adalah varian yang menggunakan Ryzen 7 3750H dan GTX 1660ti 6GB dengan RAM 8GB DDR 4 single channel.

ASUS ROG Zephyrus G GA502D ini memang masuk dalam varian termurah dengan harga 20 jutaan saja. Hal ini tentunya berkat disematkan processor 4 cores 8 threads Ryzen 7 3750H yang disematkan.

Walaupun begitu laptop ini tetap menawarkan fitur gaming yang luar biasa.
Dengan menggunakan layar 1080p IPS dengan refresh rate 120Hz tentunya gaming menjadi lebih menyenangkan di laptop ini.



Ryzen 7 3750H berjalan di clock 3.6 - 3.8 Ghz saat full load, kami rasa clock tersebut cukup baik karena hampir mendekati maksimum boost clock 4 Ghz.

Namun banyak yang bilang performa GTX 1660ti terasa bottleneck di laptop ini.
Kami mencoba di beberapa game memang terasa GTX 1660ti hanya berjalan di 80% dari maksimum utilitasnya.

Kami belum mengetahui apakah hal ini terkait adanya optimasi yang belum maksimal atau kondisi thermal yang dibatasi oleh NVIDIA sendiri.

Sementara Ryzen 7 3750H sendiri juga tidak terlihat menggunakan maksimal utilisasinya. Sehingga bottleneck CPU sepertinya bukan menjadi kendala utama.

Di luar hal tersebut baik CPU dan GPU memiliki temperature yang cukup baik, walaupun begitu fan dari laptop ini masih dalam kategori sopan dengan suara berkisar 60dB di Turbo setting.

Untuk performa gaming dari laptop ini tentunya bukan masalah sama sekali. Kalian bisa enjoy memainkan game AAA dengan high ataupun ultra setting dengan framerate yang tinggi.


 
Dengan kemampuan dan portabilitas yang tinggi tentunya ASUS ROG Zephyrus ini memang cocok untuk jadi laptop gaming yang bisa dibawa kemana-mana. (Ys)