Breaking News

Tips Memilih Kartu grafis / VGA di tahun 2021



Harga yang terus melonjak tinggi membuat sebagian besar gamer kesulitan untuk mendapatkan kartu grafis yang sesuai untuk kebutuhan mereka.

Beberapa varian kartu grafis bahkan meningkat hampir 2 kali lipat dari MSRP nya, dan itu bukan hanya dari pihak scalpers saja namun beberapa produsen juga menaikan harga terkait keterbatasan produksi chipset untuk kartu grafis mereka.

Untuk itu kali ini team KepoTekno mencoba menyusun tips untuk memilih kartu grafis yang cocok untuk di era 2021 ini.

1. Menentukan Budget dan Target perfomansi yang diinginkan.

 


Hal pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah menentukan budget serta target performa yang diinginkan dari PC gamingnya.

Di tahun 2021 ini tentunya akan terasa sia sia apabila kalian memilih kartu grafis high end namun hanya untuk kebutuhan multimedia dan game ringan saja.

Untuk itu pemilihan kartu grafis yang disesuaikan kebutuhan dan budget menjadi hal pertama yang harus diperhatikan.

2. Menghindari membeli second hand kecuali terdesak biaya

Selain pasar kartu grafis baru yang melesat harga nya, Para penjual second hand juga memanfaatkan kondisi ini untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan kartu grafis lamanya.

Untuk itu mendapatkan kartu grafis second hand dengan harga seperti baru (sebelum kenaikan) menjadi tidak kami rekomendasikan.

Dan membeli kartu grafis second dengan harga yang miring tentunya kalian juga harus memastikan reputasi seller dan juga kelayakan dari kartu grafis yang dibeli.

3. Membeli kartu grafis yang memiliki Garansi panjang

Baik New ataupun secondhand, garansi merupakan suatu hal yang harus diperhatikan.

Untuk kartu grafis baru tentunya kalian bisa mencari kartu grafis yang memiliki garansi panjang dari distributor yang cukup terpercaya.

Sedangkan untuk second hand tentunya reputasi seller dan garansi personal menjadi hal yang harus kalian pertimbangkan saat melakukan pembelian.

4. Perhatikan penggunaan power dari kartu grafis kalian


 

Saat membeli kartu grafis terkadang banyak user yang lupa memperhitungkan daya yang bisa di supply oleh power supply maupun kelistrikan dilokasi.

Terutama dimana kenaikan harga komponen PC juga terjadi, sehingga apabila kalian hanya memiliki PSU 400W dan terlanjur membeli kartu grafis dengan rekomendasi minimal power diatas 500W maka kalian akan terpaksa mengeluarkan dana lebih untuk mengupgrade PSU nya juga.

5. Pastikan kualitas kartu grafis yang dibeli melalui review reviewer di youtube

Tentunya seiring dengan naiknya harga kartu grafis, banyak bermunculan brand baru yang mempunyai harga yang cukup miring.

Namun sebelum kalian membeli pastikan dulu brand yang kalian pilih sudah teruji performanya oleh beberapa reviewer di youtube.

Tentunya kalian juga bisa memperbandingkan performa dari brand kartu grafis tersebut dari beberapa review youtuber lainnya.

Salah satunya seperti review dari tim KepoTekno dibawah ini.


 

No comments