Review lengkap Lenovo Thinkpad E14 Ryzen 5 4500U

Satu lagi varian Lenovo Thinkpad tyang menarik perhatian kami adalah Lenovo Thinkpad E14 yang ditenagai dengan processor AMD Ryzen 5 4500U.

 


Dengan menggunakan processor Ryzen 5 4500U, Kami rasa Lenovo Thinkpad E14 merupakan salah satu laptop yang bisa menjadi salah satu laptop yang menempati sweet spot di jajaran notebook dengan performa dan value yang seimbang.

Lenovo Thinkpad E14 ini secara desain masih mengedepankan desain khas Thinkpad yang klasik, tentunya tetap mengedepankan build quality yang sangat kokoh.

Perbedaannya dari Thinkpad T14 yang kami review sebelumnya E14 ini tidak menggunakan layar touchscreen, walaupun begitu Lenovo Thinkpad E14 ini tetap menggunakan layar 14" FHD IPS dengan lapisan anti glare.


 Untuk bagian keyboard dan trackpad tentunya kami juga tidak banyak keluhan, karena memang untuk varian lenovo thinkpad memiliki kualitas keyboard dan trackpad yang sangat baik. Dan tentu saja tombol power terletak diluar layout keyboard.

Untuk akses keamanan notebook ini menyematkan fingerprint dan juga face sign in dengan windows hello, Dan untuk kalian yang tidak ingin mengaktifkan webcam kalian juga masih bisa menggunakan tombol fisik untuk mematikan webcam.

 

 

Untuk interface IO nya sendiri cukup identik dengan seri T14 yang kami review sebelumnya yaitu 2 port usb 3.2, full size hdmi dan audio jack combo yang berbeda adalah absen nya port expansion, slot micro sd card dan slot sim card dibagian belakang.

Disini kami juga melihat untuk grill speaker tidak ada di bagian interface muka notebook ini, melainkan dibagian bawah belakang dari laptop ini.

Akses kedalam laptop ini cukup mudah dengan menggunakan obeng bintang biasa, dan sepertinya untuk cooling dari notebook thinkpad E14 ini cukup solid sehingga memang suhu yang dihasilkan termasuk cukup terjaga.

 

Disini juga kita lihat baterai yang disematkan adalah 45Wh yang dalam pengujian kami bisa bertahan sekitar 5 - 8 jam untuk penggunaan cukup intense dan 3-4 jam untuk penggunaan berat.

 

Sedangkan untuk upgradebilitas, Lenovo Thinkpad ini menyediakan 1 slot RAM ekstra karena RAM bawaan tersolder ke board.

Dan untuk penyimpanan kalian sudah disematkan SSD 512 GB, Dan juga sama dengan seri T14 kalian mendapatkan 1 ekstra slot M.2 lagi.

Dengan spesifikasi yang cukup menjanjikan tentunya performa notebook Lenovo Thinpad E14 ini cukup memukau.

Ryzen 5 4500U merupakan processor 6 cores 6 threads yang memiliki base clock 2.3 Ghz dengan boost nya 4 Ghz. Didukung dengan Radeon yang memiliki 6 cores performa notebook ini sangat layak untuk kegiatan yang cukup intense. 


Benchmark dengan Cinebench R.23 terlihat Ryzen 5 4500U ini memiliki skor multicore diatas rivalnya.

Dengan performa ini Ryzen 5 4500U bisa berjalan di clock 3.3 Ghz dengan suhu berkisar 75C saat full load.


Walaupun begitu fan dari notebook Thinkpad E14 ini sama sekali belum menaikan speed nya sehingga suara yang dihasilkan masih hening.

Hal ini juga tentunya sama saat kami melakukan test render menggunakan aplikasi 3D Blender dengan file BMW Test, Ryzen 5 4500U tampaknya menunjukan performa yang sangat mengagumkan dengan bisa menyelesaikan render BMW dengan waktu dibawah 10 menit.

 

Lenovo Thinkpad E14 ini memang adalah notebook yang ditujukan untuk kalangan profesional maupun mahasiswa yang aktif melakukan kegiatan menggunakan laptop.

Namun tentunya performa gaming juga menjadi pertanyaan besar untuk peminat notebook gagah ini.

Pengetestan kami tentunya dengan beberapa game multiplayer yang mungkin menjadi game yang ingin dimainkan untuk mengisi waktu.

Pada game Valorant tentunya kita lihat performa Ryzen 5 4500U tidak mengalami banyak kendala berarti dengan FPS yang cukup tinggi yang dapat menjaga performa kompetitif. Dan pada settingan low dengan resolusi 1080p, Valoran masih bisa dimainkan dengan FPS 80-100.

Sedangkan dengan game Genshin Impact, Kalian bisa memainkan dengan resolusi 1080p dengan settingan low dan ratio 0.6 untuk mendapatkan FPS diatas 30.

Kesimpulan yang kami dapatkan setelah mencoba Lenovo Thinkpad E14 ini selama beberapa minggu adalah laptop ini cukup tangguh untuk diajak kerja keras secara profesional dan tentunya dengan build quality dan upgradebility yang sangat baik menjadikan laptop ini pilihan terbaik kalian.


 Lenovo Thinkpad E14 Ryzen 5 4500U ini dibandrol dengan harga Rp 11.385.000,- untuk MSRP nya.




Post a Comment

0 Comments