Review MSI Alpha 15: Laptop Gaming Pertama AMD dengan Teknologi Arsitektur 7nm


Arsitektur 7nm saat ini merupakan pilihan terbaik sebagai processor untuk PC maupun laptop, dan semenjak hadirnya Ryzen dengan arsitektur 7nm dunia laptop pun tidak ketinggalan untuk menggunakannya.

MSI Alpha 15 merupakan notebook pertama yang menggunakan teknologi 7nm yang di kombinasikan dengan radeon rx sebagai kartu grafisnya.

Menggunakan processor AMD Ryzen 7 3750H dan kartu grafis RX 5500M, MSI Alpha 15 menawarkan kemampuan gaming yang terbaik di kelasnya dengan mengedepankan desain premium.

Ryzen 7 3750H yang disematkan memiliki 4 core dan  8 thread yang mempunyai freq 2.3Ghz yang dapat diboost menjadi 4.0 Ghz dengan TDP hanya 35W.

Sedangkan untuk disisi grafik, Radeon RX 5500M sebagai kartu grafis 7nm pertama untuk laptop juga memiliki performa yang tinggi dengan 22 compute units yang memiliki freq dapat mencapai 1645 Mhz dengan VRAMnya 4GB GDDR6. Performa kartu grafis RX 5500M ini tentunya tidak kalah dengan performa kartu grafis PC desktop walaupun dengan daya yang rendah.

Hadirnya MSI Alpha 15 memberikan angin segar bagi para gamer, selain performa yang mumpuni untuk game AAA tentunya desain juga menjadi daya tarik tersendiri.

Dibekali dengan layar 15.5" Full HD IPS yang mampu mendeliver refresh rate sampai 144Hz tentunya membuat display laptop ini sangat menguntungkan untuk gaming eSport. Selain itu layar ini juga mendukung AMD FreeSync™ agar tidak terjadi tearing saat memainkan game dengan high FPS.

Keyboard yang disematkan sudah memiliki backlight RGB yang dapat dikostumasi sesuai kondisi permainan dengan aplikasi bawaan MSI. Selain itu speaker MSI Alpha 15 ini juga menjadi poin plus sendiri dengan suara yang kencang, clear dan bass yang nendang untuk mendukung suasana dalam game.

Karena menggunakan kartu grafis diskrit RX 5500M, MSI Alpha 15 ini memiliki fitur AMD FidelityFX, dan Radeon™ Anti-Lag untuk mendukung performa game kalian menjadi maksimal.

Dirancang untuk high fresh gaming 1080P, Alpha 15 dapat memberikan performa dan pengalaman visual mulus seperti yang diinginkan oleh para gamers.” kata Armawati Cen, Business Development Manager AMD Indonesia.

  • Spesifikasi MSI Alpha 15

 

Dari sisi speksifikasi terlihat MSI Alpha 15 ini juga menawarkan spek yang cukup mempuni terlebih dengan di dukung penggunaan NVME. M.2 SSD 512Gb yang memberikan kinerja laoding yang lebih cepat, dan tentunya dengan pre installed Windows 10 Home. Untuk harga MSI membandrol Rp 15.499.000 bagi yang menggunakan Kartu Grafis Radeon RX5500M dan Rp 13.999.000 bagi yang menggunakan kartu grafis radeon RX 5300M.

 

  • Bagaimana dengan performa nya sendiri ?
Pengujian kami lakukan dengan sintentik benchmark dan benchmark in game performa MSI Alpha 15 ini sesuai ekspetasi kami, Mengagumkan.

Untuk pengujian Cinebench R15 laptop ini memberikan skor 786 point dan untuk pengujian dengan menggunakan PC Mark 10 memberikan skor 4414 point. Skor terbilang cukup mumpungi untuk menjalankan program program berat seperti Adobe Photoshop CC ataupun Adobe Premier.

Untuk pengujian menggunakan real apps dengan blender 2.80 dengan merender sebuah gambar 3d waktu yang dihasilkan adalah 8m 20detik.

Bagaimana dengan gamingnya? Dalam pengujian menggunakan 3DMark Firestrike skor yang dihasilkan cukup tinggi untuk kartu grafis sekelasnya yaitu 12.361 untuk kinerja grafis nya, dan skor ini terbilang lebih tinggi di banding kartu grafis GTX 1650 dari Nvidia.

Sementara untuk game-game seperti Battlefield V, Shadow of the Tomb Raider, Ghost Reacon, ataupun Borderland fps yang didapat rata rata diatas 60 fps dengan settingan 1920x1080 High. Game game esport seperti PUBG, Fortnite, Dota2, bahkan CS GO fps nya pun masih diatas 90fps.

Dengan hasil pengujian itu membuktikan bahwa performa MSI Alpha 15 dengan AMD Ryzen 7 3750H dan Radeon RX5500M memberikan performa gaming yang cukup Tangguh untuk dimainkan dengan resolusi full hd.

  • Kesimpulan
Hadirnya teknologi 7nm di dunia laptop tentunya menjadi solusi atas tuntutan performa tinggi dengan penggunaan daya yang optimal. Sehingga hadirnya MSI Alpha 15 ini merupakan angin segar bagi gamer terutama gamer Indonesia karena laptop ini mulai dijual secara resmi oleh MSI.

Kemampuan mengagumkan dari MSI Alpha 15 dengan Ryzen 7 3750H dan RX 5500M ini terasa sangat pas untuk gamer yang membutuhkan laptop gaming dengan performa tinggi dan harga terjangkau.


Post a Comment

0 Comments