Performa lebih baik, Tom Clancy's Ghost Recon kini hadir dalam engine VULCAN



Setelah hampir setahun rilis, seri dari Tom Clancy's Ghost Recon terbaru ini mendapatkan update besar kembali pada bulan maret kemarin.

Ghost Recon Breakpoint menghadirkan option baru yaitu pilihan untuk menjalankan game ini dengan mode Vulcan.

Hadir sebagai game yang memang dioptiomasi untuk AMD, Breakpoint menawarkan banyak teknologi AMD untuk diimplementasikan dalam game. Namun memang game ini kurang mendapatkan perhatian pada tahun pertamanya.

Engine Vulcan yang merupakan pengembangan dari OpenGL memberikan optimasi penggunaan CPU dan GPU untuk menghasilkan peningkatan performa dari penggunaan engine DirectX yang umum digunakan saat ini.

Walaupun perbedaan Vulcan dan DirectX12 tidak begitu signifikan, hadirnya vulcan memberikan peforma boost dalam penggunaan sistem AMD maupun sistem operasi non windows.



Kembali ke game besutan Ubisoft ini, Ghost Recon Breakpoint yang pernah kami review sebelumnya memiliki performa yang cukup baik dengan lebih mengutamakan penggunaan GPU dibanding CPU.

Sehingga dalam proses mengemulasi game, process pada GPU lebih tinggi dibanding CPU. Hal ini kita lihat dimana untuk CPU diatas 4 core penggunaan CPU hanya berkisar 60 persen pada settingan medium, dan terus turun pada settingan lebih tinggi dikarenakan GPU mulai bottleneck.

Namun, setelah hadirnya engine Vulkan, kami mencoba pengetestan kembali performa dari Ghost Recon Breakpoint ini dalam mode Vulcan.



Untuk pengetestan disini kami menggunakan PC bench yang kami review minggu kemarin. Dimana CPU yang kami gunakan adalah Ryzen 5 3500X tanpa overclock dan GPU Radeon RX 5600XT dari XFX juga dengan clock gpu dan memori default.

Ram juga masih menggunakan 16GB dual channel dari GSkill FlareX yang berjalan di 3200Mhz.
Untuk pengetestan ini kami juga sudah mengupdate windows menjadi versi 1909 dan driver AMD Adrenalin 20.4.1.



Peningkatan dapat dirasakan langsung pada setingan medium dengan perbedaan FPS sekitar 10% dibanding menggunakan directX12 dengan CPU bekerja lebih tinggi pada Vulcan.



Namun dikarenakan mulai merasakan bottleneck sehingga pada settingan Ultra perbedaan FPS masih berkisar 10% namun penggunaan CPU baik directX12 dan Vulcan mulai memiliki angka yang sama.


Sedangkan pada settingan Ultimate, tampaknya optimasi Vulcan sudah mulai dikalahkan oleh DirectX12 yang dapat mengatasi bottleneck dengan lebih baik.



Dengan demikian untuk penggunaan sampai settingan Ultra tampaknya Vulcan masih unggul dan dapat dimanfaatkan untuk performa yang lebih baik.




Sangat disayangkan saat ini kami belum dapat melakukan pengetestan untuk engine vulcan pada GPU dari sisi NVIDIA dikarenkan tidak ada unit distudio kami. Mungkin kedepannya kami akan melakukan pengetestan dengan kartu grafis NVIDIA di range performa yang sama untuk melihat apakah peningkatan performa yang didapatkan tetap linear seperti pada sistem AMD (Ys)

Post a Comment

0 Comments