Apakah layak beli Iphone 11 Pro Max di tahun 2020



Sebagai ponsel yang menduduki posisi paling atas dalam list antutu benchmark, Iphone 11 Pro Max memang menawarkan performa tinggi yang dibalut dengan desain yang elegan.



Iphone 11 Pro Max menduduki peringkat ke 3 dalam antutu benchmark untuk kategori iphone devices, dimana diatasnya diduduki oleh Ipad pro 3 yang tentunya bukan masuk kedalam katagori ponsel.



Sedangkan pada kategori Android, ROG Phone 2 yang pernah kami review di video sebelumnya memiliki score sedikit dibawah Iphone 11 Pro Max.

Walau begitu memang ranking dalam Antutu bukanlah menjadi patokan dalam mengukur kelayakan sebuah ponsel, terutama benchmark untuk iOS dan Android memiliki sistemasi yang berbeda.

Untuk itu kali ini kami mencoba mencari justifikasi kelayakan dari membeli ponsel genggam dengan harga 20 jutaan ini.

Iphone 11 saat ini masuk ke Indonesia secara resmi melalui distributor Erajaya, yang dimana varian termurahnya dibandrol dengan 12 jutaan untuk varian Iphone 11 64 GB dan yang termahal 27 jutaan untuk Iphone 11 Pro Max 512 GB.

Untuk Iphone 11 Pro Max yang kami review kali ini adalah pembelian di US, sehingga menggunakan garansi Global.



Varian yang kami review saat ini menggunakan ROM 256 GB yang kalau di Indonesia bisa kalian dapatkan dengan harga 23 jutaan.

Dengan harga yang cukup terbilang fantastis, Iphone 11 Pro Max tentunya harus menawarkan sesuatu yang lebih dibandingkan pendahulunya maupun jajaran ponsel android.

Secara desain Iphone 11 menggunakan glass untuk bagian depan dan belakang, tentunya hal ini akan membuat Iphone 11 terasa premium namun sedikit riskan apabila terjatuh dan ingin membongkar ponsel kalian.

Iphone 11 Pro Max menawarkan dimensi yang sedikit lebih besar dibandingkan seri Pro yaitu 15,8 cm x 7.7 cm dengan ketebalan 0.8 cm.

Dengan dimensi tersebut Iphone 11 Pro Max menyematkan layar Super Retina OLED 6.5 inch yang beresolusi 1242 x 2688 pixel.


Masih menggunakan poni layar Iphone 11 Pro Max memiliki screen ratio 83.7 %, di bagian poni disematkan kamera depan 12 Megapixel F/2.2 yang mendukung fitur slowfie 120 fps di resolusi 1080p dan juga beberapa sensor yang mendukung ke akuratan untuk face id.



Dibagian belakang Iphone 11 Pro Max dilengkapi dengan 3 buah kamera 12MP F/1.8 untuk wide, 12MP F/2.0 untuk telephoto dan 12MP F/2.4 untuk ultrawide. Selain itu juga terdapat Quad Led dual tone flash yang dapat mendukung pencahayaan flash yang lebih baik.

Main kamera ini juga mendukung video 4K 60 FPS dan 1080p 240 FPS serta fitur HDR dan Gyro EIS.

Iphone 11 Pro Max ini hanya mendukung single sim, nano atau eSim kecuali untuk varian Asia yang memang sudah mendukung dual sim, sayangnya Iphone 11 Pro Max tidak mendukung slot micro SD untuk menambah kapasitas memorynya.

Untuk disisi dapur performa Iphone 11 Pro Max  menggunakan  Apple A13 bionic SOC 7nm++ yang merupakan upgrade dari A12 yang disematkan di Iphone 10.

A13 sendiri memiliki 6 core yang terbagi 2 core 2.65 Ghz dan 4 core 1.8 Ghz yang menjadikan A13 unggul +- 10% dibanding A12.

Untuk performa grafiknya masih menggunakan Apple GPU yang terdiri dari 4 core graphic, walau begitu untuk disisi benchmark terdapat peningkatan performa grafik +- 3000 point antutu.

Sedikit disayangkan semua varian Iphone 11 masih menggunakan RAM 4GB yang sedikit tertinggal dibandingkan android yang ponsel flagshipnya sudah disematkan RAM 8GB sampai 12GB.

Namun, walaupun dengan RAM yang terbatas, managemen sumber daya perangkat di IOS memang jauh lebih baik dibanding Android OS. Walaupun begitu nilai untuk memory Iphone 11 Pro Max ini masih kalah dibandingkan ROG Phone 2 dengan selisih sekitar 8000 point antutu.

Namun berbicara benchmark saja tentunya memang tidak mutlak menjadikan ponsel ini kalah bersaing dengan ponsel android.
 

Layar OLED Apple lebih terlihat mempesona dengan Contras ratio 2 juta banding 1 yang membuat kedalaman gelap dan terang di ponsel ini lebih kuat.

selain itu kamera Iphone 11 Pro Max ini juga dilengkapi fitur Night mode yang mengagumkan untuk foto di malam hari serta deep fusion yang merupakan foto hasil dari gabungan 9 foto yang tercapture saat kalian menekan tombol shutter.

Untuk disisi battery sendiri Iphone 11 Pro Max disematkan battery paling besar yaitu Non-removable Li-Ion 3969 mAh battery (15.04 Wh). Untuk ukuran ponsel pintar memang battery ini agak kecil terutama ROG Phone 2 sudah berhasil menyematkan 6000 mAh untuk daya pacunya.

Namun dengan battery lebih kecil Iphone 11 Pro Max memang memiliki bobot sedikit lebih ringan dibandingkan ROG Phone 2 yaitu 226g.

Dan apple juga menyematkan 18W charger yang mampu mencharge iphone 11 pro max ini 50% dalam 30 menit. Tapi sekali lagi ini juga masih dibawah ROG Phone 2 yang telah menyematkan 30W di chargernya.

Anyway, setidaknya Apple sudah mau memperbaiki kualitas chargernya yang sebelumnya hanya memiliki daya 5W. Iphone 11 Pro Max ini juga sudah mendukung Qi Wireless Charging yang mungkin tidak sebaik charging kabel namun bisa menjadi solusi charger overnight yang simple.

In the end, Selain fitur dalam bentuk software dan desain nampaknya untuk menjadikan ponsel Iphone 11 Pro Max ini menjadi ponsel terbaik masih banyak pro dan kontra.

Walaupun begitu Iphone 11 Pro Max tetap menawarkan performa terbaik dari Apple saat ini dan tentunya dukungan penuh secara software kedepannya.

Post a Comment

0 Comments