Athlon 3000G Review, Apakah layak dibeli di 2020?

Walaupun sedikit telat akhirnya kami bisa melakukan pengetestan varian terbaru dari Athlon series yang rilis di 2019 kemarin.



Athlon 3000G adalah processor dengan harga yang dapat di bilang termurah saat ini dengan value yang cukup mengesankan.

Dengan ditenagai 2 cores 4 threads yang base clock nya 3.5 Ghz tentunya membuat processor ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk PC yang akan digunakan sebagai aktifitas sehari hari maupun gaming e-sport.

Dibandrol dengan harga 800 ribuan saja, memang membuat daya tarik akan processor ini semakin tinggi. Terutama untuk gamer yang ingin membeli PC murah meriah yang berencana upgrade kedepannya.


Athlon 3000G dengan arsitektur Zen+ ini turut disematkan juga Radeon Vega 3 dengan clock 1100 Mhz. Dimana secara performa dalam pengetestan kami terdapat peningkatan performa dibandingkan Athlon 300 series.

Untuk disisi memory controller, Athlon 3000G memiliki dual memory channels dengan dukungan RAM DDR4 2667 yang secara kapasitas bisa dipasangkan sampai 128GB. Namun walau begitu VRAM shared yang dapat dialokasikan maksimal tetap 2GB.

Dengan TDP hanya 35 watt, tentunya Athlon 3000G tidak memerlukan power supply dengan kapasitas besar. Namun apabila kalian berniat untuk overclock tentunya TDP ini bisa sedikit lebih tinggi.

Athlon 3000G adalah processor unlockable, sehingga kalian bisa melakukan overclock dengan mudah. Disini kami menggunakan mobo AB350 Gaming 3 dari Gigabyte untuk pengetestan ini.

Oh ya, untuk processor yang kami review kali ini adalah product sample test sehingga di CPU-Z tidak terbaca sebagai Athlon 3000G.

Dan pengetestan kami untuk processor Athlon yang ada di meja review kami kali ini dengan menggunakan Ryzen master dapat mencapai 3.8 Ghz untuk kedua clock dengan voltase masih di 1.35 volt.

Dengan overclock performa dari processor ini meningkat 10% baik dalam benchmark sintetis maupun gaming.



Dalam hal gaming, memang Radeon Vega 3 tidak akan memberikan performa sebaik Vega 8 pada Ryzen 3 3200G yang sebelumnya kami review.

Namun untuk game DOTA, Paladin dan CS GO, Athlon 3000G masih sanggup untuk dimainkan dengan FPS yang cukup tinggi dengan settingan medium - low.

Sebagai catatan untuk game ini kami menggunakan RAM DDR 4 G.Skill 3200 2 x 8 GB yang berjalan di 2600.


Selama pengetestan penggunaan CPU tinggi suhu yang didapatkan juga masih tergolong rendah dan konsumsi daya juga masih sangat rendah.

Walau memiliki value yang cukup tinggi, Kami sulit menyarankan Athlon 3000G sebagai processor pilihan kalian untuk gaming, karena menurut kami dengan selisih harga yang tidak jauh dengan second hand Ryzen 3 2200G, kalian bisa mendapatkan performa yang jauh lebih baik dengan 4 cores dan radeon Vega 8.

Namun apabila kalian ingin membangun PC daily atau sebagai home enterteiment saja, tentunya Athlon 3000G ini menjadi processor dengan best value terbaik saat ini.


Post a Comment

0 Comments