5 Hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan upgrade ke Windows 10



Apabila kalian akhirnya memutuskan akan melakukan upgrade ke windows 10 dikarenakan dukungan Microsoft yang dihentikan untuk windows 7, maka kalian harus memperhatikan 5 hal yang penting sebelum melakukan upgrade ke windows  10.

1. Windows 10 is Free



Sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 10 merupakan sistem operasi gratis.

Walaupun kalian bisa membeli sistem operasi ini untuk mendapatkan dukungan penuh, penggunaan sistem operasi windows 10 secara gratis tetap akan memberikan dukungan update penuh dari Microsoft.

Kalian hanya akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan aktivasi windows dan dibatasi akses untuk melakukan kostumasi tampilan windows, selain itu semua fitur windows 10 dapat kalian dapatkan secara penuh.

2. Minimum hardware yang disarankan untuk penggunaan Windows 10



Walaupun windows 10 masuk kedalam kategori windows yang cukup ringan bahkan untuk perangkat rasberry pi, kalian tetap harus memperhatikan kebutuhan windows 10 agar dapat beroperasi secara optimal.



Windows 10 hanya membutuhkan processor 1 Ghz dengan RAM 2 GB, namun untuk kenyamanan dalam mengoperasikan sistem windows 10 kami menyarankan untuk menggunakan RAM 8 GB dan HDD 120 GB dengan processor minimal dual core dengan hyper thread dan mempunyai clock bisa mencapai 3 Ghz.

3. Windows 10 memiliki ads yang mungkin akan mengganggu




Microsoft saat ini memiliki windows store yang dapat kalian akses untuk membeli software dan game yang dapat digunakan di PC kalian.

Beberapa software dijual secara gratis dan dapat digunakan oleh kalian secara maksimal, namun Windows 10 sendiri menempatkan iklan di start menu kalian untuk software atau game yang mungkin sesuai dengan aktifitas kalian.

Dan beberapa software gratis yang kalian install juga akan memiliki iklan yang terkadang akan terbuka secara full memenuhi layar desktop kalian.

4. Update yang cukup sering



Untuk menjaga keamanan dan mengikuti perkembangan teknologi hardware dan software, Windows 10 akan sering sekali melakukan updates minor dan updates besar secara berkala.

Bagi kalian yang memiliki koneksi internet kuota tentunya hal ini cukup mengganggu dikarenakan akan menghabiskan banyak kuota internet kalian.

Namun, update ini memang dapat dibilang cukup penting untuk keamanan perangkat PC kalian, jadi kami tetap menyarankan untuk melakukan update secara berkala agar Windows 10 kalian tetap optimal.

5. Tidak semua software lama kalian bisa berjalan dengan sempurna


Walaupun Windows 10 dapat mengemulasikan sistem Windows XP ataupun Windows 7 dan Windows 8 namun tidak semuanya dapat berjalan dengan baik.

Terutama untuk aplikasi Adobe dibawah seri CC kami menemukan sering terjadi crash dan juga beberapa game yang menggunakan direct X 10 kebawah juga kami temukan mengalami kendala saat dijalankan secara native di Windows 10.

Tentunya hal ini bisa kalian atasi menggunakan winbox atau sistem operasi virtual lainnya.


Post a Comment

0 Comments