Info Terbaru

Athlon 220GE dan Athlon 240GE, Bagaimana performansinya untuk PC murah meriah?




Rilisnya jajaran processor Athlon yang menggunakan zen arsitektur memberikan para user pc low budget angin segar.

Athlon 200GE rilis di akhir 2018 kemarin dengan mudah menjadi processor pilihan para low budget pc user.

Begitu juga dengan jajaran processor Athlon Pro yang rilis pada jajaran notebook AMD juga dapat menjadi pilihan para pelajar ataupun profesional yang membutuhkan notebook untuk aktifitas sehari hari.

Athlon 220GE dan 240GE rilis hampir bersamaan beberapa bulan setelah Athlon 200GE yang pernah kami review sebelumnya pada video diatas.

Dengan mengedepankan jumlah core yang sama yaitu 2 core 4 threads perbedaan dari seluruh processor athlon ini adalah pada core clocknya. Tentunya beberapa user pc builder akhirnya berhasil mengakali untuk melakukan overclock processor athlon ini sehingga gamer bisa mendapatkan performa clock yang lebih tinggi.

Namun kali ini kami mau membahas performa default dari masing masing processor dengan asumsi user yang membeli membutuhkan processor ini untuk aktifitas biasa dan tidak menginginkan overclocking.

Untuk Spesifikasi Athlon 220GE disematkan clock sebesar 3.4 GHz yang memiliki TDP 35W. Disisi grafik sama seperti 200GE, Athlon 240 GE juga masih menggunakan VEGA 3 sebagai daya pacunya dengan clock freq 1000Mhz.

Sedangkan untuk Athlon 240GE memiliki clock 3.5 Ghz dengan yang sama. Processor ini juga ditenagai oleh VEGA 3.

untuk Athlon 220GE dibandrol dengan harga 900rban dan 240GE dengan harga 1jt saja.
dengan margin 100rb rupiah apakah 240GE memiliki price to performance yang lebih baik dibanding 220GE?

Kedua processor ini kami pasangkan dengan motherboard gigabyte B350M Gaming 3 dan RAM Flare X 2 x 8 GB. memang idealnya RAM 2x4 GB lebih masuk akal untuk low budget gaming. Namun saat ini kami hanya memiliki RAM ini dan sepertinya menjadikan single channel tidak rekomendasi untuk build amd ini.

Bagi kalian yang menggunakan mobo dengan BIOS dibawah 2018 harus melakukan update BIOS sampai BIOS terbaru terlebih dahulu agar bisa mendapatkan display dari processor Athlon ini.
Dan yang mendapatkan keterangan pada device manager bahwa VEGA 3 nya tidak memiliki resource yang cukup. Lakukan update windows sampai minimal crator update april 2018 lebih baik lagi sudah mencapai update global terbaru saat ini.




Secara garis besar benchmark menggunakan aplikasi benchmark standart terlihat Athlon 240GE hanya menang tipis dibawah 10% dibandingkan 220GE. Walaupun hal ini memang sesuai yang di prediksi dimana perbedaan 0,1 Ghz dari kedua processor ini tidak menimbulkan perbedaan besar.



sedangkan untuk gaming. perbedaan yang kami dapatkan tetap konsisten berkisar di 10% bahkan beberapa game yang bukan cpu bound mendapatkan FPS hampir sama.
Hanya saja Athlon 240GE tampak lebih sering mendapatkan FPS tertinggi dibandingkan Athlon 220GE.



Cukup mengejutkan game seperti DMC 5, Sekiro dan APEX Legend ternyata masih dapat dimainkan dengan framerate yang cukup stabil dan playable di kedua processor ini.

Kesimpulan dari kami dengan perbedaan berkisar 10% kebawah untuk athlon 240ge dan 220ge memang sesuai dengan perbedaan harganya.
Kalau kalian cukup ahli dalam melakukan overclock kami rasa Athlon 200GE pun bisa kalian tweak menyamai 240GE, namun apabila kalian adalah user yang simple 240GE masih menjadi pilihan yang layak untuk dibeli berkat framerate yang lebih stabil. (Ys)