Info Terbaru

Colorful GTX 1660ti - Murah Sih, Beli atau Jangan?

GTX 1660ti yang hadir dengan arsitektur Turing dirasakan hanya mengisi kekosongan antara seri GTX dan RTX.

Namun melihat dari performa pengetestan kali ini GTX 1660ti ternyata layak banget untuk menemani build PC Gaming kalian dengan catatan tidak menimbulkan overbudget.

Colorful sebagai salah satu brand kartu grafis NVIDIA Geforce menghadirkan Colorful GTX 1660ti dan GTX 1660ti ultra dengan harga yang terjangkau.

Apakah kartu grafis ini mempunya performa yang layak untuk menangani game game saat ini di resolusi 1080p?



Varian yang kami review kali ini adalah Colorful GTX 1660Ti dual fan edition, kartu grafis ini terdiri dari dua varian yaitu yang 2 fan dan 3 fan.
Walaupun hanya dengan dua fan heatsink dari Colorful GTX 1660Ti ini ga main main,  kita bisa melihat adanya sebuah heat pipe yang cukup besar terhubung ke bagian heatsink.

Varian Colorful GTX 1660Ti dua fan ini dibandrol dengan harga 4,5jtan sedangkan versi 3 fan atau Colorful  GTX 1660Ti Ultra dibandrol dengan harga 4.7jtan

GTX 1660Ti hadir dengan Turing Arsitektur yang mempunyai Base Clock 1500 Mhz dengan boost mencapai 1770Mhz dan cuda core nya 1536, untuk VRAM nya sendiri sudah 6GB yang mempunyai memory clock 12Gbps.

Perbedaan antara seri GTX 1660Ti Ultra dan yang kami review saat ini sepertinya tidak adanya tombol one key OC yang sangat membantu bagi gamer untuk melakukan OC dengan mudah. GTX 1660Ti memerlukan pin 8 atau 6 +2. jadi pastikan dulu apakah power supply kalian sudah mempunyai pin power vga tersebut.
Untuk IO port disini Colorful GTX 1660 ti menggunakan port yang sama persis seperti gtx 1050ti kami, yaitu 1 port hdmi, 1 port display port dan 1 port DVI.

Untuk pengetestan ini kami menggunakan pc bench AMD yang kebetulan sedang ada di kami yang ditenagai ryzen 7 1800x, mobo ab350 gaming3 dan ram flare x 16GB.



Hasil benchmark menggunakan 3D Mark GTX 1660ti ini memiliki score yang cukup baik,
sedangkan untuk heavens bench juga bisa menghasilkan score yang baik dengan FPS diatas 70 untuk setting ultra 1080p dan untuk uniengine kita mendapatkan 25 fps untuk settingan extreme.


Pengetestan beberapa game seperti shadow of tomb raider, metro exodus dan battlefield V yang memang optimal untuk GPU Nvidia terlihat bisa mendapatkan FPS diatas 60 dengan mudah pada max setting.

Sedangkan untuk game kompetitif seperti PUBG, APEX Legend dan Rainbox six siege juga terpantau bisa mendapatkan FPS diatas 80 untuk average nya pada max setting, tentunya apabila kalian ingin lebih memiliki kompetisi yang ketat bisa menaikan FPS dengan menurunkan sedikit settingan seperti motion blur dan screen space reflection yang tidak begitu kalian butuhkan. Dan sesuai dengan apa yang diutarakan nvidia semakin baik kartu grafis kalian semakin besar peluang kalian untuk bermain lebih baik dan memenangkan kompetisi dalam game.

Dan untuk game yang dioptimalkan untuk AMD seperti Division 2, DMC 5 dan Assassin Creed Odyssey juga game ini tidak menunjukan tanda tanda kesulitan menanganinya.


Kami mencoba juga untuk test rendering namun sepertinya walau menggunakan gpu render CPU tetap berperan besar sehingga hasil yang didapatkan karena Ryzen 7 1800x memang sangat tangguh untuk render.

Kami memang tidak mencoba OC untuk Colorful GTX 1660 Ti ini namun pengetestan dengan FURMARK dengan default clock, Colorful GTX 1660ti ini masih bertahan dengan suhu maksimal 55C saja.

Kesimpulannya Colorfull GTX 1660ti ini memang memiliki harga yang cukup terjangkau dan performa yang cukup asik.

Bahkan dikombinasikan dengan PC utama kami yang masih menggunakan core I3, Colorful GTX 1660ti mendongkrak lebih dari 50% performa GTX 1050ti.