Lenovo V330 Review, Laptop Ryzen 3 2200U yang paling UNIK

Lenovo V330 Ryzen 3 2200U

Diantara laptop Ryzen yang rilis dari akhir 2018 sampai pertengahan 2019 ini, tampaknya laptop ini adalah laptop yang paling unik.

Lenovo V330 14ARR ini adalah laptop yang dirilis akhir tahun 2018 ini mempunyai desain yang terlihat elegant. Finishing dari bagian body terlihat profesional dengan build kualitasnya juga sangat solid.

  • Interface I/O

Untuk interface I/O Lenovo V330 ini cukup lengkap dengan port VGA dimana sudah jarang sekali laptop generasi saat ini menyertakannya.

Disisi kiri kalian dapat menemukan port charging, VGA, HDMI 2.0, USB 3.0.

Sedangkan disisi kanan terdapat slot SD Card, Audio Jack Combo, USB Type C, dan USB 3.0.

Menariknya hadirnya USB Type C di laptop ini berasa seperti nilai plus, karena jarang sekali laptop di range harga yang sama menyematkan port USB Type C.



  • Under The Hood

Lenovo V330 ini menggunakan processor Ryzen 3 2200U yang pada pengetestan kami pada saat full load mempunyai freq antara 2.8 - 3.3 Ghz.



Menggunakan APU Radeon VEGA 3 menandakan RAM kalian akan tersunat untuk digunakan sebagai VRAM. Namun sayangnya Lenovo V330 yang kami review masih menggunakan single channel RAM sebesar 4GB.



Kalian bisa melakukan upgrade untuk RAM tersebut melalui slot RAM kedua yang terdapat dibalik plat metal di bagian bawah laptop.

Saat sedang di bagian dalamnya tentu kalian juga bisa menambahkan SSD M.2 NVME untuk menambah performa karena Lenovo V330 masih menggunakan HDD mekanik sebesar 1 TB.

Selain itu yang menjadikan laptop ini unik karena adanya slot expansion yang dapat digunakan untuk menambahkan baterai external.



  • Display

Layar yang disematkan pada Lenovo V330 adalah layar IPS 1366 x 768 60Hz dengan anti glare. Resolusi tersebut memang masih terasa pas untuk ukuran dimensi layar 14" yang disajikan.

Untuk brigthness sendiri memang terasa sedikit wash out saat di maksimalkan, namun masih terlihat baik dengan akurasi warna cukup nyaman. Kecerahan dari layar lenovo V330 ini mempunyai nilai sampai 220 nits sehingga untuk penggunaan outdoor akan sedikit terlihat redup.

  • Performa

Performa Ryzen 3 2200 memang tidak perlu diragukan kembali.
Untuk kegiatan sehari-hari seperti browsing sangat mumpuni, bahkan editing foto dan render video ringan juga tidak ada kendala.

Sedangkan untuk game, apabila masih menggunakan RAM 4 GB memang masih berasa agak sedikit stutter. Namun di beberapa game seperti Doraemon Story of Seasons dan Call of Duty Mobile dengan emulator Gameloop Lenovo V330 masih dapat diandalkan.

  • Kesimpulan

Sebagai laptop dengan harga 5 jutaan, Lenovo V330 menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dibanding laptop lainnya di range yang sama.

Menyajikan performa dan desain yang asik untuk dibawa-bawa tentunya Lenovo V330 ini bisa menjadi pilihan kalian untuk kegiatan sehari hari. (ys)

Post a Comment

0 Comments