Info Terbaru

ASUS Vivobook Go 14 AMD Ryzen 3 7320U, Performa oke dengan harga yang ringan

 Sebelumnya kita sudah test performa AMD Ryzen 5 7530U yang dimana cukup mengejutkan processor ini mampu menjalankan program cukup berat dan juga tentunya gaming ringan.

Nah untuk optional lebih budget friendly, kali ini kita mau coba varian AMD Ryzen 3 7320U yang disematkan pada laptop ASUS Vivobook GO 14 yang akan kami review kali ini.

 



DESAIN

ASUS Vivobook Go ini memang ditujukan untuk user yang menginginkan laptop tipis dan ringan untuk dibawa-bawa.


 Dimensi nya hanya 32 x 21 cm dengan ketebalan hanya 1.79 cm. Dibalut dengan material plastik sehingga bobot dari ASUS Vivobook Go ini hanya 1.38 Kg saja.

Walaupun dengan material plastik, body ASUS Vivobook Go ini sangat kokoh dan disesain dengan sangat keren. Sekilas desainnya menampilkan kemewahan layaknya seri ROG dari ASUS.

 


Keren bagian body ini juga di dukung dengan layout keyboard yang juga keren. Terutama untuk tombol enter yang diberi texture cukup unik ini.

Tombol power masih terletak di dalam keyboard namun bertukar tempat dengan tombol delete. sehingga tombol terluar tetaplah tombol delete untuk mencegah salah tekan saat mengetik.

Untuk trackpad juga terasa nyaman digunakan dan dibagian ini juga terdapat fingerprint sensor untuk windows hello.

Layar yang disematkan adalah 14" FHD LED Backlit 60Hz dengan kecerahan 250 nits dan memiliki anti glare

 

Walaupun bukan menggunakan IPS namun layar dari ASUS Vivobook ini cukup terlihat baik dan memiliki akurasi warna cukup baik.

PERFORMA

 

AMD Ryzen 3 7320U merupakan processor 4 cores dengan 8 threads yang mampu mendeliver maksimal 4.1 Ghz. Dengan spesifikasi ini processor ini mendapatkan score 4700 untuk benchmark Cinebench R23. 

Performa yang kami rasakan processor ini masih cukup layak untuk editing foto ataupun video. walaupun mungkin untuk render berat kami lebih menyarankan menggunakan Ryzen 5 7530U yang jauh terasa lebih nyaman.

Pengetestan performa check Youtube KepoTekno :


 

Namun dibandingkan varian Ryzen 5 7530U yang kami review kemarin ASUS Vivobook ini sudah menyematkan RAM LPDDR5 walaupun hanya 8 GB dual channel.

Dan karena menggunakan RAM Soldered maka kalian tidak bisa menambah kapasitas RAM dan ini agak bikin sesak karena sebagian RAM sudah digunakan oleh GPU onboard sebagai VRAM.

SSD yang disematkan sebesar 512 GB M.2 NVME PCIe 3.0 dimana pengetestan kecepatan 1700 MB/s Read dan 1334 Write.

Namun ASUS Vivobook memberikan akses kalian untuk mengupgrade SSD yang digunakan walaupun memang hanya 1 slot saja namun setidak nya tidak merusak segel garansi.


 

KETAHANAN BATERAI

 

Dalam pengujian baterai ASUS Vivobook Go 14 menggunakan baterai 42Wh yang dimana berkat daya yang hemat baterai ini bisa mencapai 10 jam pemakaian ringan. Dan berkat charger 45W ASUS Vivobook Go 14 dapat terisi penuh kembali juga dengan cepat.

KESIMPULAN

Dibandrol dengan harga terbilang sangat murah hanya 5 jutaan saja, ASUS Vivobook Go 14 ini menjadi pilihan terbaik di kelas laptop budget murah meriah. Spesifikasi yang diberikan dirasakan cukup untuk aktifitas harian ataupu gaming ringan.

Namun untuk performa lebih tinggi tentunya laptop dengan processor AMD Ryzen 5 7530U memiliki price to performance lebih worth untuk dimiliki.



No comments