Info Terbaru

Laptop Paling Keren - Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 Ryzen 7 PRO 6850U / 6860Z

 Lenovo Thinkpad terkenal selalu dengan desain yang terlihat "classic".

Hal ini tentunya wajar dikarenakan Lenovo Thinkpad merupakan varian laptop yang mengedepankan build qualitynya.

Namun tidak untuk laptop yang kali ini kami review.

Lenovo Thinkpad Z13 gen 1 ini mengedepankan desain yang tetap kokoh namun terlihat lebih classy.

Menggunakan material Vegan Leather di bagian permukaan laptop ini menjadikan Lenovo Thinkpad Z13 ini terlihat sangat premium.


 Untuk body bagian dalam tetap menggunakan material Aluminium yang kokoh sehingga saat kami gunakan tidak terasa flexing.

Bagian keyboard juga terasa enak dan solid, dilengkapi dengan backlit dan juga fingerprint scanner membuat keyboard ini cukup memuaskan terutama dengan tombol power yang tidak terletak pada bagian keyboard.

Touchpad nya juga terasa solid karena menggunakan haptic glass, namun untuk kalian yang terbiasa menggunakan touchpad pada laptop lain mungkin akan terasa agak kagok karena feel clicky nya tidak begitu terasa dan lebih terasa seperti menyentuh layar ponsel.

Thinkpad Z13 ini menggunakan layar sentuh 13,3" OLED display dengan resolusi 2880 x 1800. Layar sentuh ini terasa sangat akurat dan enak digunakan walaupun sayangnya untuk pen kalian harus membeli terpisah.

L
ayar ini sudah menggunakan panel dengan 400 nits dan juga akurasi warna DCI-P3. Selain itu Layar Thinkpad Z13 ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi Eye Safe yang menandakan sudah ada perlindungan cahaya biru untuk penggunaan laptop ini berlama lama.


Ditenagai dengan Ryzen 7 PRO 6850U atau 6860Z (*Kedua Processor mempunyai spesifikasi yang sama) Lenovo Thinkpad Z13 ini tentunya ditargetkan untuk kalangan profesional yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi mumpuni namun juga keamanan yang kuat.

Processor 8 cores 16 threads ini memiliki clock maksimal bisa mencapai 4.7 Ghz. Namun pengetestan kami tampaknya kecepatan stabil saat stress test hanya berkisar 4.4 Ghz dengan suhu masih terjaga di 70C.

Hal ini wajar karena laptop ini berukuran kecil yang didalamnya tentunya sangat compact. Namun kalau lihat di bagian dalam untuk menjaga suhu tetap stabil Thinkpad Z13 ini menggunakan 2 cooling fan.

 Ryzen 7 PRO ini juga sudah dilengkapi kartu grafis onboard yaitu Radeon 680M yang memiliki 12 Core Count dan kecepatan 2200Mhz.

Untuk RAM di unit yang kami review kali ini sudah menggunakan RAM 32GB DDR5 yang sayangnya tidak bisa diupgrade. Namun kami rasa 32GB ini sudah lebih dari cukup untuk aktifitas berat sekalipun.

SSD yang disematkan menggunakan M.2 NVME 512GB (*Unit yang dijual menggunakan varian 1TB) yang sudah cukup cepat. Namun memang Thinkpad Z13 tidak menyediakan slot M.2 Ekstra sehingga untuk menambahkan SSD kalian harus melepas SSD yang ada.


 Mendukung performa dari laptop ini sudah disematkan baterai 51.5Wh yang tergolong besar untuk laptop berdimensi kecil seperti ini. Dengan baterai ini pengetestan kami laptop Thinkpad Z13 masih mampu diajak kerja keras sampai diatas 6 jam.


  • PERFORMA

Pengetestan performa dari Ryzen 7 6850U ini terasa sangat memuaskan, beberapa score yang kami dapatkan menunjukan performa dari Thinkpad Z13 ini mampu memperlihatkan kualitas dibalik desain kerennya.




Walaupun menggunakan onboard grafik, Thinkpad Z13 ini masih bisa digunakan untuk game ringan. Beberapa game yang kami test masih mampu dimainkan dengan 30 FPS. Untuk detailnya bisa kalian liat pada video review pada youtube kami dibawah ini : 


Dengan desain yang keren dan juga performa yang mumpuni, Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini memang bisa menjadi pilihan kalian. Namun kalian harus merogoh kocek cukup dalam untuk meminang laptop ini.


Link Pembelian : 


 


No comments