Info Terbaru

Smartphone Gaming Paling Gila - Iphone 15 Pro Review

Dalam studio KepoTekno kadang sulit mereview Smartphone keluaran Apple dengan netral. 

Entah karena harga yang terasa tidak setimpal atau bahkan cuman mengedepankan prestige saja.

Dan pendapat kami sebelumnya selalu sama, Apple product hanyalah kumpulan ecosistem yang dijual secara exclusive.

Namun pandangan kami akhirnya berubah setelah rilisnya smartphone terbaru nya mereka yaitu Iphone 15.

Dan setelah rilis secara resmi kemarin di Indonesia, akhirnya kami berhasil menguji coba Iphone 15 pro ini.

 Secara desain tentu tidak terlalu beda dibandingkan sebelumnya. Yang terasa sangat berbeda tentunya adalah material yang di gadang-gadang menggunakan titanium untuk bagian list nya.

Dengan material ini Iphone 15 Pro ini memang terasa sedikit lebih ringan dibanding pendahulunya. Namun memang ponsel ini masih tergolong sangat tebal dan berat dibanding smartphone android.

Unit yang kami test adalah Iphone 15 Pro Natural Titanium. Bagian belakang menggunakan kaca matte dan bagian list Iphone 15 Pro yang menggunakan Titanium ini sangat mudah meninggalkan sidik jari. Namun sepertinya untuk varian warna lain tidak begitu meninggalkan bekas layaknya varian natural titanium ini.

Untuk interface juga masih terasa mirip dengan seri sebelumnya, kecuali tentunya adalah tombol action yang berada di atas volume yang bisa di setting sesuai keinginan dan juga port USB type C yang akhirnya disematkan.

 


Dengan menggunakan port USB type C ini akhirnya Apple bisa mencapai kecepatan dari USB 3 10 Gbps dibandingkan port lightning yang hanya terbatas di USB 2.0. Selain itu port ini sudah mendukung Display Port 4K HDR. 

Untuk desain layar, Apple masih menggunakan Layar Super Retina Display XDR dengan Resolusi 2556 x 1179 piksel pada 460 ppi yang tentunya masih sangat nyaman dilihat dengan mata (walau disini kami masih sedikit merasa dimana perbandingan dengan AMOLED Samsung S23 terlihat sedikit lebih baik).

 

Masih menggunakan Dynamic Island kamera depan masih disembunyikan dengan baik, walau masih agak sedikit mengganggu.

Lanjut ke spesifikasi, Iphone 15 Pro ini menggunakan processor terbaru Apple :

  • Chip A17 Pro
  • CPU 6‑core baru dengan 2 core performa dan 4 core efisiensi
  • GPU 6‑core baru
  • Neural Engine16‑core baru

Selain itu Apple 15 Pro ini juga meningkatkan RAM yang disematkan dari generasi sebelumnya yaitu menjadi 8 GB.

Untuk penyimpanan Iphone 15 Pro kalian bisa memilih dari 128 GB sampai 1 TB.

Dengan spesifkasi terbaru Apple ini, Apple tidak hanya menjual prestige saja. Akhirnya Apple berani menunjukan performanya dalam memainkan game AAA yang hanya ada di konsol dan PC menggunakan Iphone 15 Pro dan Pro Max nya.

Tentu saja hal ini sangat menarik, dimana akhirnya kami mencoba mendownload game yang di pamerkan saat launching kemarin yaitu Resident Evil Village.


 Disini asumsi kami game Resident Evil Village ini akan disajikan dalam kualitas mobile dengan banyak penurunan kualitas dan settingan di lock.

Ternyata tidak, Apple menyematkan full game Resident Evil Village dengan kemampuan merubah settingan ingame lengkap layaknya game konsolnya.

Secara default Iphone 15 Pro menjalankan game ini pada settingan Low 720p. Namun walau begitu kami masih merasa nyaman memainkannya dengan settingan Highest 720p pada Iphone 15 Pro ini.

Namun apabila kalian meningkatkan resolusi menjadi maksimal maka penurunan FPS akan sangat signifikan.

Anyway secara performa, Apple Iphone 15 Pro ini cukup mengejutkan kami. 


 Dan menurut kami kali ini Apple layak mendapatkan poin plus untuk performa dari Apple Iphone 15 Pro dan Pro Max nya. Namun issue terkait build yang lebih ringkih dan panas berlebih sepertinya kami harus menunggu Iphone seri berikutnya.

Link Pembelian :





No comments