Info Terbaru

Kartu grafis terbaru AMD Radeon RX 7700XT dan RX 7800XT - Banyak Lebihnya


Setelah merilis Radeon RX 7900XT, RX 7900 XTX dan RX 7600. Kali ini AMD kembali merilis 2 kartu grafis yang akan menjadi andalan dalam gaming resolusi 1440p dan 4k.

Radeon RX 7800XT dan RX 7700XT di hadirkan untuk memenuhi kebutuhan pasar gaming dimana menurut analitik dari steam gamer yang memainkan game dengan resolusi 1440p dan 4K mulai meningkat pesat.

Dengan menggunakan teknologi RDNA3, Radeon RX 7800XT dapat memberikan performa maksimal untuk gaming pada resolusi 4K. Sedangkan RX 7700XT ini menjawab kebutuhan gaming di resolusi 1440p. 


TEKNOLOGI RDNA 3

 

 

Setelah sukses dengan RDNA dan RDNA 2 sebelumnya, RDNA 3 kini hadir dengan arsitektur terbaru yang membuat AMD Radeon merupakan kartu grafis yang pertama menggunakan desain chiplet. 

 

 

Desain ini diadopsi dari desain chiplet yang digunakan oleh processor Ryzen yang memberikan keuntungan latency lebih kecil. Dan tentunya hadirnya di kartu grafis Ryzen 7000 series memberikan kinerja jauh lebih baik terutama dengan dukungan Infinity Cache yang mempunyai bandwith mencapai 5.3 TB/detik.

 

AMD Radeon RX 7700XT and RX 7800 XT Preview

 


Pada demo yang diberikan kedua kartu grafis ini memberikan performa terbaik dalam gaming. Namun ternyata AMD tidak sekedar memberikan hardware terbaik buat gamer tapi juga software Radeon Adrenaline yang mendukung fitur2 keren dan tentunya fitur terbaru HYPR-RX.

 


 
HYPR-RX memberikan peningkatan performa signifikan menggunakan gabungan fitur yang ada seperti AMD Radeon Super Resolution, AMD Radeon Anti-Lag dan AMD Radeon boost yang bekerja secara bersamaan cukup dengan mengaktifkannya pada aplikasi AMD Radeon Adrenalin terupdate.
 

 

Dengan mengaktifkan fitur ini, Kartu grafis AMD Radeon 7000 series mampu meningkatan performa gaming sampai 78 persen dan mengurangi latency sampai 54 persen.

Untuk mengaktifkannya juga sangat mudah cukup memilih profile HYPR-RX pada software AMD Radeon Adrenalin dan memilih settingan RSR (Radeon Super Resolution) atau preset FSR (Fidelity Super Resolution) pada ingame setting.

 



Dengan menggunakan HYPR-RX game Marvels Spiderman radeon rx 7700xt memberikan peningkatan performa dari dibawah 100 fps menjadi diatas 100 fps pada resolusi 1440p tanpa adanya penurunan kualitas visual.

Menariknya kami intip dari aplikasi monitoring nya penggunaan power masih berkisar 200W dan suhu gpu masih dibawah 70C (kondisi open case).


 


 

Lalu pada booth demo Radeon RX 7800XT disini memang kita tidak melakukan test fitur HYPR-RX karena game yang didemokan adalah game yg menjadi bundling pembelian radeon rx 7000 series yaitu game starfield yang memang saat ini belum mendukung HYPR-RX.

Namun walau begitu kita masih bisa memaksimalkan performa game ini dengan mengaktifkan FSR 2.0.

 


Dimana Starfield dengan radeon rx 7800XT ini mampu menjalankan dengan resolusi 4K dan masih mendapatkan 100FPS.

Tentunya hal ini akan jauh lebih baik saat FSR 3.0 yang akan keluar pada Q1 2024 nanti yang kabarnya bisa menaikan performa FPS sampai 3 kali lipat tanpa mengorbankan kualitas visual.

 

 

AMD Radeon Game Stream and Render

 


Selain peningkatan performa disisi game, AMD juga meningkatkan dalam kemampuan render dengan dukungan atas encoder AV1. Dimana untuk encoder ini sudah bisa digunakan di OBS sehingga aktifitas streaming game akan terasa lebih mulus dengan kualitas terbaik.

Encoder AOMedia Video 1 atau AV1 sendiri di claim memberikan peningkatan sampai 50 persen data kompresi lebih baik dibandingkan libvpx-vp9, x264 High profile, and x264 Main profile.

Selain itu mengikuti perkembangan teknologi AMD juga mengembangkan teknologi proses AI untuk kartu grafis Radeonnya. Yang kemungkinan akan hadir di akhir tahun ini / awal tahun depan.

 

Harga AMD Radeon RX 7700XT dan RX 7800XT

 

Kedua kartu grafis ini sudah mulai dipasarkan sejak 6 September 2023 kemarin dan bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Dimana Radeon RX 7700XT 12GB bisa didapatkan di MSRP 7.990.000 dan Radeon RX 7800XT hanya di MSRP 8.990.000.

 



Selain itu pembelian radeon rx 7000 series ini sudah mendapatkan bundling game Starfield Premium Edition senilai 1 jutaan dan juga merchandise exclusive keren dari AMD yang ga bs didapatkan di kesempatan lain.

 


Tentunya tim kepotekno tidak sabar untuk hands-on dan langsung uji coba performa dari kartu grafis andalan dari AMD ini.




No comments