Breaking News

Laptop powerful persembahan AMD ASUS ROG STRIX Advantage

Semenjak kemunculan processor Ryzen mobile yang memiliki Radeon Vega yang cukup powerful, Kita jarang banget menemukan laptop dengan kartu grafis dedicated dari radeon.


 

Padahal untuk Radeon desktop sendiri sudah mulai bersaing dengan kubu hijau berkat fitur ray tracing serta Fidelity FX Super Resolution nya.

Akhirnya hal ini dijawab oleh ASUS dengan menghadirkan ASUS ROG Strix Advantage yang menggunakan processor Ryzen 9 5900H dan Radeon RX 6800XT.

Untuk bahasan desain, tentunya ga beda jauh dengan yang telah dibahas oleh channel Gadgetin.

ASUS ROG Strix Advantage ini memiliki desain yang cukup mencolok sebagai laptop gaming.

Mulai dari body yang cukup tebal dan RGB yang berasa mewah.

Namun dibalik itu ASUS ROG Strix ini tetap memberikan kualitas build yang kokoh dan tidak ringkih.

Terutama di bagian keyboard yang menurut kami sangat sangat nyaman untuk digunakan mengetik.

Trackpad nya juga cukup luas sehingga untuk akurasi sangat baik.

Oh ya berkat pengaturan daya panas yang baik bagian palm rest ini suhunya akan terjaga di  suhu C agar tidak mengganggu saat mengetik atau bermain game.

Minus : 

- Tidak ada camera

- tidak ada fingerprint atau windows hello

- RGB keyboard dan accent tidak bisa dikontrol terpisah

Plus : 

+ Desain keren dan memiliki airflow baik

+ trackpad luas

untuk masalah performa temperature, CPU Ryzen 9 5900H memang tergolong cukup tinggi apabila dipaksakan pada mode turbo. Namun dengan desain bodi yang baik suhu tersebut tidak begitu terasa pada telapak tangan.

Pengetestan kami menggunakan cinebench Ryzen 9 5900H ini bisa mencapai 95C saat full load nya pada mode turbo.

Apabila kalian ingin menurunkan suhu cpu ini, kalian bisa menggunakan ASUS Armory Crate dan melakukan manual configuration.

Dengan menurunkan TDP CPU menjadi setengahnya kalian bisa mendapatkan suhu yang lebih terjaga yaitu hanya berkisar 80C saja.

Dengan menurunkan performa TDP CPU tidak membuat performa gaming menurun, karena Ryzen 9 ini memang sangat overkill untuk gaming.

Pengetestan kami dengan game shadow of tomb raider performa dengan mode turbo dan mode manual dengan tdp 50% sama sama masih bisa mendapatkan performa gaming dengan FPS diatas 60 FPS bahkan sambil melakukan ingame recording.

Namun memasangkan dengan ryzen 9 6800 mobile menjadi hal yang menarik tentunya untuk kita bahas lebih lanjut.

Radeon RX 6800 mobile merupakan kartu grafis mobile terkuat dari kubu AMD saat ini
dibekali dengan 40 compute units dengan freq dapat mencapai 2300 Mhz menjadikan rx 6800 mobile ini cukup menantang untuk kubu sebelah.
VRAM yang dibekali pada varian asus rog advantaged adalah 12GB.

Dengan paduan Ryzen 9 5900HX dan Radeon rx 6800 ini Asus ROG advantaged dibekali layar 15.6 inch dengan dua tipe layar.
apabila kalian cek di website resmi asus untuk tech specs yang ada menggunakan layar 2560 x 1440 dengan 165hz refresh rate.

Sedangkan unit yang kami review adalah varian yang menggunakan resolusi full hd 1080p dengan refresh rate 300hz.
tentunya refresh rate tinggi ini tampaknya untuk mengincar para gamer esport yang membutuhkan performa tinggi dengan resolusi yang cukup.

Dengan refresh rate setinggi ini, maka baik gaming ataupun sekedar navigasi di desktop terasa sangat smooth.
oh ya Ryzen 9 5900hx sendiri juga sudah di bekali dengan onboard grafik dari RDNA 2 yang cukup powerful sehingga proses pada desktop akan menggunakan onboard grafik.

dengan processor dan kartu grafis yang powerful,
asus advantaged ini dibekali dengan adapter sebesar 280W saja.
Dimana penggunaan CPU saat full load bisa memakan setengah dari penggunaan power tersebut.

hal ini cukup wajar karena memang ryzen 9 5900hx ini memiliki 8 cores 16 threads yang mampu berjalan sampai maksimum 4.6 Ghz.

namun seperti pada review2 kami sebelumnya ryzen 9 5900hx ini terlalu overpower untuk kalian apabila hanya menggunakan laptop asus rog strix advantaged ini hanya untuk gaming.
untuk itu menggunakan armory crate kita bisa mengatur performanya untuk mendapatkan power yang jauh lebih effisien dengan performa yang tidak begita jauh berbeda.

namun sebelumnya tentunya kita harus membahas thermal dari laptop ini.
ASUS ROG STRIX Advantaged yang menggunakan processor Ryzen 9 5900HX dan RX 6800 ini termasuk laptop yang memiliki suhu tinggi.
Untuk ryzen 9 5900hx saat mode turbo, bisa mencapai panas 95C hanya dalam beberapa menit saja untuk kondisi di ruangan suhu normal.
Sedangkan untuk GPU nya sendiri bisa mencapai 80C.

walaupun dengan suhu yang cukup tinggi begitu, hebatnya bagian palm rest dan juga keyboard tidak terasa panas berlebih malah tergolong sangat adem dibandingkan laptop lain.
hal ini memang dikarenakan sirkulasi udara dan penempatan komponen yang menurut kami cukup baik

sehingga asus rog strix advantaged ini masih nyaman digunakan walaupun dengan mode turbo.

Tentunya suara fan pada mode turbo akan cukup bising mengingat fan berjalan di 100%.

oke sekarang kita kembali ke asus rog armoury crate,
dengan mengubah settingan menjadi manual dan power TDP menjadi 50% kalian bisa mendapatkan suhu jauh lebih adem dan juga power consumption yang menurun sangat signifikan.

Pengetestan dari kami pada mode ini dibandingkan dengan mode turbo kami tidak melihat perbedaan performa yang signifikan.
hal itu karena memang ryzen 9 5900hx ini untuk gaming tidak menggunakan lebih dari 50% performanya kecuali mungkin pada game yang membutuhkan akses CPU lebih besar.

Dengan performa yang kami bilang cukup gila seh,
ASUS ROG Advantaged ini mempunyai peluang yang sangat bagus untuk mengalihkan minat para gamer dan juga konten kreator untuk menggunakan laptop ini.
Terutama berkat desain yang keren dari RGB strip yang ada dibagian bawah palm rest ini membuat ASUS ROG STRIX Advantaged ini semakin gahar untuk kalian gunakan.

oh ya untuk optional upgrade kalian bisa menambah kan RAM sampai 32 GB dengan ram sodimm ddr4
dan juga tentunya kalian juga bisa mengupgrade SSD yang digunakan selama kalian menggunakan SSD NVME namun sayangnya kami belum mendapatkan info apakah laptop ini mendukung PCIE gen 4.0 untuk M.2 nya.

Batterai yang digunakan juga cukup powerful yaitu 90Watt hour yang dimana dengan mode low power laptop ini mampu untuk beroperasional diatas 5 jam.

 



 

 


No comments