Breaking News

Review ASUS Zenbook UM325S Ryzen 7 5800U Terbaik di kelas laptop tipis?


 

 

Kali ini studio KepoTekno kembali mendapatkan kesempatan untuk mereview sebuah laptop tipis dari ASUS.

 



ASUS Zenbook UM325S merupakan laptop dengan dimensi super tipis yang ditenagai processor Ryzen 5000 series.

Menariknya dari seri Zenbook ini tentunya adalah layar OLED yang disematkan membuat laptop ini berasa sangat premium berkat visual yang memukau.

Layar ini sudah dibekali sertifikasi Pantone dengan akurasi warna yang tidak perlu diragukan lagi.

Namun apakah laptop ini layak kalian miliki, terutama dengan harga menyentuh 13 juta untuk seri Ryzen 7 nya?

  • Desain

ASUS Zenbook UM325S memiliki desain tipis dengan body tetap kokoh. 

Tidak terasa adanya flexing dibagian bagian seperti layar dan keyboard terutama bagian palm rest.

Material yang digunakan juga membuat laptop ini tambah mewah terutama untuk warna  dark grey yang kami review kali ini.

Untuk screen to body ratio juga sangat tipis berkat layar OLED yang disematkan.

Walaupun begitu, ASUS Zenbook ini masih dapat menyematkan kamera webcam yang mendukung windows Hello untuk akses login dengan pengenalan wajah.

Bobot nya sendiri hanya berkisar 1,14 Kg yang artinya ASUS Zenbook ini selain memiliki desain yang keren tapi juga bisa dibawa-bawa kemana-mana dengan mudah.

Meski tipis, laptop ini memberikan konektivitas yang cukup lengkap. Ada HDMI, USB Type A, dua USB C Gen 2 3.2, dan microSD.

Untuk akses Ethernet dan juga Audio Combo jack, ASUS Zenbook ini sudah menyertakan dongle yang bisa kalian gunakan pada port USB type C yang tersedia.

  • Processor

ASUS Zenbook UM325S yang kami review kali ini menggunakan processor Ryzen 7 5800U dimana merupakan processor Ryzen mobile dengan arsitektur Zen 3 yang memilliki teknologi 7nm.

Ryzen 7 5800U ini memiliki 8 cores 16 Threads dengan clock bisa mencapai 4.4 Ghz.

Dan tentunya juga sudah didukung onboard graphic vega dengan 8 compute units.

Sayangnya pasaran Indonesia yang bisa kalian temukan saat ini adalah yang menggunakan varian Ryzen 7 5700U dan Ryzen 5 5600U saja.

  • Storage

Dengan desain yang sangat compact laptop ini sudah dibekali dengan SSD NVME 1 TB dan juga RAM 16 GB dual channel.

Namun tentunya pertanyaannya apakah ASUS Zenbook UM325S ini memiliki kemampuan untuk upgrade baik RAM ataupun SSD nya.

Dengan membuka bagian belakang laptop ini menggunakan obeng segi enam, kita bisa mengakses bagian dalam dari ASUS Zenbook UM325S ini.

Dibagian dalam kita dapat melihat sebagian besar space terisi dengan baterry berkapasitas  67 Watt hour yang tentunya overkill untuk laptop berukuran imut ini.

Battery ini diklaim dapat mencapai penggunaan 16 jam lebih yang menurut pengalaman kami untuk aktifitas kami seharian laptop ini masih bisa bertahan sampai malam dengan sekali charge full pada hari sebelumnya.

Sangat disayangkan RAM yang disematkan adalah soldered RAM sebesar 16GB menggunakan LPDDR4 dual channel.

Kalian tetap bisa mengupgrade SSD M.2 NVME yang terletak diatas processor ini. Namun kami rasa 1TB untuk laptop ini juga sudah cukup berlebih.

  • Keyboard dan  Trackpad

Dengan dimensi yang kecil ASUS Zenbook menyematkan tentunya keyboard dengan desain ten key less. walaupun begitu kalian dapat memanfaatkan numpad yang dapat dimunculkan pada bagian trackpad.

Desain trackpad juga terbilang luas untuk laptop yang mungil, mungkin dikarenakan adanya numpad yang terletak didalam trackpad ini.

Pengetestan kami menggunakan keyboard dari ASUS Zenbook UM325S ini sangat memuaskan, semua tombol terasa sangat responsif dan juga memiliki travel distance yang asik diajak mengetik berlama-lama.

Dan tentunya trackpad yang luas ini juga sangat memberikan fungsionalitas yang sangat baik sehingga penggunaan mouse terpisah kami rasa tidak menjadi poin penting dalam penggunaan laptop ini.

  • Performa

Tentunya hal yang paling utama dalam membeli laptop adalah performanya.

Baik varian Ryzen 7 5700U, Ryzen 5 5600U maupun Ryzen 7 5800U yang kami review kali ini memiliki performa jauh diatas ekspetasi laptop tipis lainnya.

Pengetestan full load benchmark menggunakan CPU-Z benchmark kita mendapatkan skor 3500 dengan suhu masih terjaga dibawah 70C dengan kondisi fan sama sekali tidak bising.

Sedangkan test performa keseluruhan dengan 3dMark sky diver  konsisten mendapatkan skor diatas 10000 poin.

Tapi performa diatas kertas saja memang tidak cukup, disini kita perlu melakukan pengetestan uji coba harian dengan menggunakan aplikasi harian bahkan render dan game, walau tentunya render dan game bukan nilai jual dari jajaran laptop tipis seperti ASUS Zenbook ini.

Pengetestan performa browsing dan aktifitas offices tentunya hal mudah untuk di libas oleh laptop ini.

Membuka tabs banyak atau bahkan banyak file office tidak menjadi masalah dalam performa laptop ini.

Selanjutnya tentunya kita test juga untuk melakukan desain menggunakan photoshop menggunakan laptop ini juga kami tidak merasakan kendala berarti.

Untuk melakukan render premiere juga Zenbook ini tidak mengalami kendala berarti dan waktu render yang didapatkan juga masih sangat kencang untuk ukuran laptop tipis.

Begitu juga dengan render untuk file test blender kami, laptop ini mampu melebihi ekspetasi yang diharapkan oleh para desainer on the go.

Namun channel kepotekno tentunya wajib untuk melakukan pengetestan gaming pada laptop ini.

Untuk game AAA sebagian besar memang nampaknya masih belum mampu untuk ditaklukan, walaupun secara spesifikasi onboard grafiknya kuat namun karena menggunakan shared Vram yang dibatasi 2GB tentunya game yang membutuhkan performa diatas spesifikasi tersebut akan mengalami stutter ataupun FPS sangat rendah.

Namun sangat mengejutkan performa untuk memainkan game Final Fantasy Remake yang jelas jelas bukan game yang ringan masih dapat dijalankan di laptop ASUS Zenbook UM325S ini dengan sangat baik.

Selebihnya game lainnya seperti Genshin Impact maupun Valorant masih bisa kalian nikmati di laptop ASUS Zenbook UM325S ini. 

Oh ya, tambahan untuk laptop ini juga menggunakan speaker dengan teknologi dari Harman Kardon yang tentunya walaupun bertubuh mungil suara yang dihasilkan sangat powerful dengan bass yang cukup terasa nendang.

  • Kesimpulan

ASUS Zenbook UM325S ini memang ditujukan bukan untuk user yang menginginkan laptop sekedarnya. 

Nilai plus yang disajikan cukup membuat kami merasa worthed untuk harga yang ditawarkan.

Terutama berkat layar OLED yang disematkan, kami rasa ini merupakan nilai plus yang wajib dipertimbangkan. (YS)


No comments