Breaking News

5 Kemampuan Meningkatkan Performa Workstation

 

Beban kerja menjadi lebih kompleks dan beragam, namun bisnis tetap membutuhkan kecepatan. Berikut cara mencapai tujuan pengguna dan organisasi. 


Beban kerja komputasi intensif terus menjadi tujuan penting serta semakin beragam. Hal ini dapat memperumit proses pemilihan workstation karena setiap beban kerja yang unik memiliki kebutuhan performa yang berbeda pula. Hal ini juga membuat penentuan baseline performa tunggal di seluruh organisasi menjadi jauh lebih sulit. 

Selain itu, keragaman beban kerja berdampak pada proses penyegaran, karena pengguna mencari platform workstation tunggal untuk mendukung beban kerja ISV profil tinggi dan bernilai tinggi di seluruh bisnis.

Persyaratan esensial dari aplikasi saat ini hanya menyisakan sedikit ruang untuk kesalahan, dan hardware yang sudah ketinggalan zaman tidak dapat mengikutinya.  

Tantangan: memenuhi tuntutan performa baru 

Ini adalah fakta yang diketahui secara luas bahwa Indonesia bertujuan untuk menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030 dengan inisiatif nasional “Making Indonesia 4.0” yang sedang berlangsung. Terdapat 10 prioritas yang dapat ditindaklanjuti dengan tujuan untuk mengembangkan sektor manufaktur di Indonesia, termasuk “Mendorong Investasi Teknologi”, “Membangun Infrastruktur Digital Nasional”, dan “Pemberdayaan UMKM”. 

Sejalan dengan ini, beberapa perusahaan desain dan manufaktur memanfaatkan inovasi teknologi dan menggabungkan teknologi generasi berikutnya untuk tidak hanya mengotomatisasi, meningkatkan, dan merampingkan proses, tetapi juga menginspirasi inovasi.

Inilah sebabnya mengapa AMD terus mendorong batas performa workstation. Mencapai keuntungan yang berarti memiliki dampak langsung yang sangat besar pada cara organisasi menciptakan dan berkolaborasi.  

Saat ini, tim desain dan manufaktur memanfaatkan proses baru seperti desain generatif sambil juga menggunakan pemodelan dan simulasi 3D. Ini adalah kombinasi lain dari tugas desain threaded ringan ditambah proses multi-threaded. Beberapa tugas ini mungkin juga sensitif terhadap kapasitas memori dan bandwidth. 

Di bawah ini merinci berbagai persyaratan dari sektor terkait lainnya di Indonesia: 

Tim arsitektur dan teknis memerlukan kemampuan produktivitas kantor tradisional ditambah pemodelan 3D, serta rendering dan bahkan VR. Ini adalah perpaduan dari tugas threaded ringan dan multi-threaded yang mungkin memerlukan memori dalam jumlah besar. 

Tim media dan hiburan membutuhkan lebih banyak core untuk rendering, pengembangan tampilan, dan pekerjaan pascaproduksi. Selain itu juga membutuhkan CPU frekuensi tinggi yang dapat mendorong frame rate viewport yang lebih baik untuk interaksi adegan dan valuasi animasi. 

Tim software dan sains tengah mencari lebih banyak core untuk membantu mempercepat proses kompilasi yang lama, sementara ilmuwan data membutuhkan perluasan platform untuk mendukung konfigurasi multi-GPU yang besar. 

Beban kerja yang beragam, masing-masing dengan persyaratan performa yang unik, menuntut konfigurasi yang dapat disesuaikan dan dioptimalkan untuk mengatasi kendala komputasi tertentu. 

Ini bukan hanya tentang menghitung core atau clock speed. Masalah pengelolaan dan keamanan sangat penting, terutama pada tenaga kerja terdistribusi modern. Ini adalah beban kerja dengan profil dan nilai tinggi di mana waktu kerja sangat penting.

Peluang: tingkatkan platform stasiun kerja 

Kabar baiknya adalah, meskipun ekspektasi meningkat, inovasi AMD telah memungkinkan generasi baru workstation yang dapat memenuhi—dan dalam banyak kasus, melampaui ekspektasi. Workstation yang digunakan pada tahun 2021 merupakan langkah maju yang eksponensial, bahkan jika dibandingkan dengan perangkat generasi terakhir yang baru berusia beberapa tahun.  

Bealih ke prosesor AMD Ryzen™ Threadripper™ bukan hanya sebuah peningkatan bertahap, namun jenis platform workstation baru. Jika Anda siap untuk peningkatan, sekaranglah saatnya.  
 
1. Performa single-threaded yang dipercepat
 
Saat membandingkan performa single-threaded, frekuensi—atau clock speed—sangat penting. Meskipun ini bukan ukuran lengkap dari kemampuan CPU, frekuensi yang lebih tinggi memungkinkan pemrosesan kerja yang lebih cepat yang tidak dapat diparalelkan seperti yang biasa kita temukan dengan pemodelan 3D dan alat desain. Ini dapat menghasilkan frekuensi gambar yang lebih tinggi di area pandang aplikasi dan VR yang imersif. Hal ini juga mendorong perakitan ulang yang lebih cepat untuk desainer yang menghasilkan pengalaman yang lebih mulus bagi pengguna akhir. Seperti yang terlihat pada Gambar 1, prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 3945WX saat ini hingga 35 persen lebih cepat di Autodesk Revit RFO, dibandingkan prosesor workstation pesaing.    

Gambar 1. AMD vs. Intel, Autodesk Revit RFO Benchmark



2. Keuntungan Performa Multi-threaded 

Generasi baru prosesor workstation juga mendorong batasan beban kerja multi-core hyper-threaded yang sangat esensial untuk mewujudkan ide-ide menarik. Lebih banyak core untuk pekerjaan seperti pengembangan tampilan, rendering akhir, simulasi VFX, desain generatif, atau pengoptimalan toolpath sama dengan lebih banyak iterasi dan percepatan waktu untuk insight.   




Gambar 2 menunjukkan bagaimana prosesor 64-core AMD Ryzen Threadripper PRO 3995WX melampaui DUA prosesor pesaing kelas atas dalam benchmark rendering V-Ray yang populer. 

Gambar 2. AMD vs. Intel, Chaos Group V-Ray Benchmark


Based on testing by AMD performance labs on June 8, 2020, using the Chaos Group V-Ray benchmark to test the performance of the Ryzen Threadripper PRO 3995WX reference system versus two (2) Intel Xeon Platinum 8280 processors. Results may vary. CPP-32
 

3. Perluasan dan penyesuaian yang kuat  
 
Performa aplikasi software profesional sering dipengaruhi oleh komponen workstation utama lainnya. Selain clock speed yang lebih cepat, hingga 64 core dan kapasitas memori 2TB, prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi saat ini memiliki 128 jalur PCIe(R) 4.0, yang memungkinkan berbagai konfigurasi lanjutan untuk mendukung beberapa GPU, penyimpanan berkecepatan tinggi , dan perangkat tambahan PCIe lainnya. 
Semuanya menambahkan lebih banyak cara untuk membuat workstation yang sangat cocok untuk aplikasi dan alur kerja spesifik Anda.    

4. Bandwidth memori yang besar  

Persyaratan memori meningkat dengan cepat seiring alur kerja yang bertambah besar dan rumit. Banyak aplikasi profesional terikat performa oleh memori workstation dalam hal kapasitas dan bandwidth. Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO mendukung memori sistem 2TB, berguna untuk memasukkan informasi dalam jumlah besar dengan cepat ke CPU untuk diproses saat bekerja dengan kumpulan data atau file pemandangan yang sangat besar. Prosesor Threadripper PRO juga menawarkan bandwidth memori tak tertandingi yang diaktifkan oleh delapan saluran memori platform.   

5. Fitur keamanan dan pengelolaan tingkat lanjut 
 
Workstation modern harus dimodernisasi untuk tempat kerja modern. 

Ini berarti kolaborasi terdistribusi, manajemen TI terpusat/disederhanakan, dan fitur keamanan, terutama di mana kekayaan intelektual yang sangat berharga sedang dibuat atau dimanfaatkan.  
Teknologi AMD PRO memungkinkan organisasi mengakses manajemen jarak jauh mutakhir dan alat keamanan yang terintegrasi dengan baik dengan investasi TI lainnya: semua pilihan, tanpa penguncian.  

Sebuah langkah yang terasa seperti lompatan 
 
Platform workstation modern memungkinkan para pekerja yang paling berbakat untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka, kapan dan di mana organisasi Anda paling membutuhkannya. Ini menghasilkan pemecahan masalah lebih cepat, menghidupkan produk lebih cepat, mengubah kecepatan dan efisiensi menjadi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. 

Performa single dan multi-thread yang lebih cepat, dengan frekuensi yang lebih tinggi dan jumlah core terdepan, Dukungan untuk bandwidth tinggi, memori berkapasitas tinggi, penting untuk menangani proyek yang lebih besar dan kumpulan data yang sensitif terhadap bandwidth memori.
 
Ekstensibilitas dan fleksibilitas luar biasa yang memungkinkan Anda mengonfigurasi stasiun kerja secara tepat untuk memenuhi persyaratan beban kerja yang unik.
 
Fitur pengelolaan dan keamanan tingkat lanjut yang mendorong waktu kerja dan perlindungan lebih tinggi, yang dapat membantu mengurangi biaya TI.
 
Beban kerja kritis layak mendapatkan Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO
 
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana AMD dapat mengubah cara Anda bekerja, kunjungi hub workstation AMD untuk menjelajahi dan menemukan bagaimana Prosesor AMD Ryzen™ Threadripper™ PRO dapat dimanfaatkan dalam industri dan alur kerja Anda.
 
https://www.amd.com/en/processors/workstation
https://www.amd.com/en/processors/ryzen-threadripper-pro

No comments