Breaking News

Review lengkap Lenovo Legion 5 15ARH05 Ryzen 5 4600H GTX 1650TI

 


Lenovo Legion adalah merupakan salah satu laptop dengan kategori gaming dari Lenovo yang mempunyai performa cukup mengagumkan.

Kali ini unit yang kami review di studio KepoTekno adalah Lenovo Legion 5 15ARH05,

Laptop dengan display 15.6 inch full hd 1080p 120 hz ini memiliki kontras warna yang sangat baik walaupun belum memiliki sertifikasi 100% sRGB layaknya varian 60Hz dan 144Hz nya.

Untuk desainnya sendiri, body bagian luar Lenovo Legion 5 15ARH05 terasa cukup solid dan gagah dengan bahan plastik yang kokoh sedangkan bagian dalamnya material yang digunakan terasa menggunakan lapisan karet yang membuat grip terasa enak, namun biasanya lapisan seperti ini apabila terjemur lama atau terkena panas berlebih akan sedikit meleleh dan lengket.

Untuk varian 15arh05 ini menggunakan keyboard chicklet full interface dengan feel yang menurut gw sangat nyaman dan tombol power juga terpisah dari keyboard jadi cukup aman digunakan fast typing. 

 

  • SPESIFIKASI

 

Lenovo Legion 5 15ARH05 adalah laptop yang dilengkapi dengan processor Ryzen 5 4600H dan kartu grafis GTX 1650TI.

Ryzen 5 4600H merupakan processor dengan arsitektur 7nm Zen 2 dengan 6 cores 12 threads yang memiliki clock 3 Ghz dan boost nya bisa mencapai 4 Ghz dan tdp hanya 45w.

Sedangkan performa gtx 1650 ti yang disematkan pada laptop lenovo legion 5 ini agak sedikit kurang powerful.

Karena memang gtx 1650ti yang disematkan hanya memiliki clock 1350 mhz dengan boostnya bisa mencapai 1485 mhz. 

Selain itu laptop ini sudah dibekali dengan RAM 16 GB dual channel yang bisa kalian upgrade menjadi maximal 32 GB.

Untuk penyimpanan Lenovo Legion 5 15ARH05 ini dibekali dengan 512 GB SSD NVME dan tetap menyediakan slot HDD 2.5" untuk pilihan menambah kapasitas penyimpanan kalian.

Untuk kalian audiophile speaker audio lenovo legion 5 ini memang bukan speaker yang akan membuat kalian terposona, namun untuk kelas laptop gaming entry speaker ini kami rasa melebihi ekspetasi kami.

Batere yang disematkan di lenovo legion 5 15arh05 ini cukup besar dengan 80Wh, namun kalau ekspetasi kalian untuk bermain game dilaptop ini tanpa menggunakan charger kemungkinan hanya bertahan sekitar 2 jam saja dan untuk kegiatan office biasa dapat bertahan 4 jam.  

Interfaces IO lenovo legion 5 ini berfokus dibagian belakang diantara kedua exhaust dan memang cukup lengkap. Sedangkan untuk sisi kiri dan kanan hanya tersedia audio jack dan usb 3.1 untuk memudahkan akses. 


  •  PERFORMA  



Dengan dibekali hanya GTX 1650 TI maka utilisasi dari ryzen 5 4600H yang disematkan masih dibawah 50% saat gaming di reso 1080p.

Tapi dengan begitu laptop ini menjadi sangat cocok untuk kalian yang suka livestreaming pastinya.

Dengan utilisasi cpu yang masih lega kalian dapat memanfaatkannya untuk encoding video lifestream atau gameplay recording.

Dan juga tentunya karena ini, Lenovo legion 15arh05 ini merupakan laptop paling adem yang pernah kami temui sampai saat ini.

Sistem cooling yang digunakan sangat baik dan tidak membuat laptop ini menjadi tebal berlebihan.

Kalau kita lihat masing masih heatpipe terhubung dengan kipas exhaust yang cukup powerful dan intake nya didapatkan dari bagian bawah laptop yang memang memiliki grill cukup lebar.

Untuk performa gamingnya sendiri kalian masih bisa mendapatkan performa yang cukup tinggi yang dapat kalian lihat di video kami diatas.

Tentunya yang bikin penasaran dapatkah lenovo legion 5 ini menjalankan Cyberpunk 2077?

Cyberpunk 2077 sendiri merupakan game paling hype di penghujung tahun 2020 ini, Dengan dukungan grafis yang memukau menjadikan game ini merupakan game yang cukup demanding untuk mendapatkan performa yang diharapkan.

Lenovo legion 5 15arh05 ini tentunya sudah cukup capable untuk memainkan game Cyberpunk 2077 ini.

Namun tampaknya GTX 1650ti sulit mendapatkan FPS diatas 60 pada settingan medium sekalipun di reso 1080p.

Kalian bisa melakukan beberapa tweak tentunya untuk mendapatkan performa lebih baik namun menurut kami untuk kisaran 40 FPS yang didapatkan sudah cukup layak dimainkan terutama pada devices laptop.

Dan visual yang disajikan tetap menjadikan game ini terlihat indah walau dengan settingan medium saja mampu menghibur mata kalian. 

 

  • KESIMPULAN

Dengan desain yang kompeling dan performa yang kami anggap memenuhi standarisasi performa gaming AAA, Lenovo legion 5 15ARh05 ini merupakan laptop paling pas untuk kamu yang ingin beraktifitas produktif dan gaming profesional. 

Laptop Lenovo legion 5 15ARh05 bisa kalian temukan di toko online dengan harga berkisar 14 jutaan, tentunya kalau tidak naik dan stok masih ada.

No comments