Review lengkap laptop HP 14s DK1001AU / DK1002AU Athlon Silver 3050U

 


 Ini adalah HP 14S DK1002AU yang menggunakan varian AMD athlon silver

Athlon silver merupakan varian processor 14nm dengan berbasis teknologi arsitektur zen yang mempunyai 2 core tanpa SMT atau yang lebih dikenal dengan multithread.

Di era 2020 ini tentunya membayangkan performa notebook dengan 2 core tanpa multi thread sedikit sulit karena kebutuhan akan kegiatan komputasi rata rata sekarang membutuhkan minimal 4 thread.

  • Desain


  


Seperti biasa HP selalu mengedepankan desain premium dengan warna silver menjadi pilihan favorit sampai saat ini.

Logo HP yang tampil dengan motif glossy ini juga sangat terlihat elegan.

Untuk build qualitynya sendiri termasuk cukup solid namun bukan seperti jajaran notebook probook atau elitebook nya HP.

Walaupun begitu material yang digunakan tetap terlihat premium dan cukup kokoh.

Hanya saja jangan kaget kalau kalian akan merasakan sedikit flexing dibagian dalam dan layar. Namun bukan tergolong notebook yang ringkih kok karena tetap membutuhkan force lebih untuk merasakan flexingnya.

Sehingga Untuk dalam mengetik atau menggunakan trackpad tetap terasa nyaman.

 



HP 14s ini walaupun tergolong notebook entry level tapi ternyata menyematkan keyboard dengan backlit yang dapat gw bilang ini adalah nilai plus.

Untuk trackpad nya sendiri menggunakan tombol fisik terpisah untuk klik kiri dan kanannya.

Sehingga membuat trackpadnya terasa solid dan tidak kopong.

Keyboard chiclet yang digunakan masih mempunyai clicky yang nyaman dan empuk untuk digunakan mengetik dalam waktu lama. 


Masuk kebagian layar, HP 14s ini menggunakan layar 14" diagonal HD SVA BrightView micro-edge WLED-backlit dengan resolusi 1366 x 768

Dengan bezel yang tipis tentunya menjadikan notebook hp 14s ini menjadi sangat compact dengan dimensi lebarnya 33 cm x 23 cm dan tinggi nya hanya 2 cm saat tertutup.

Dengan dimensi yang cukup mungil laptop ini hanya berbobot 1.5 kg saja yang membuat notebook ini bisa menjadi andalan untuk kerja secara mobile.

Untuk interface I/O nya juga cukup lengkap dengan disisi kiri terdapat usb type c dan sd card reader dan disisi kanan terdapat port audio combo, 2 usb 3.1, HDMI 1.4 dan juga ethernet port yang belakangan menghilang di laptop tipis.

Dengan desain dan kelengkapan I/0 yang tergolong premium ini memang cukup mengejutkan mengetahui laptop ini hanya dibandrol dengan harga 5 jutaan saja.

  • Spesifikasi

 


HP14s ini menggunakan Athlon silver 3050U processor 2 core 2 threads dengan clock base nya berjalan di 2.3 Ghz yang dapat di boost menjadi 3.2 Ghz.

Dimana pengetestan kami saat full load processor ini berjalan di 3.2 Ghz baik dengan charger maupun tanpa charger. Dengan  temperature maksimal di 80C dengan suara fan masih terjaga dan tidak mengganggu.


Walaupun begitu performa athlon silver 3050U memang hanya processor mobile entry level sehingga score bench hanya diangka 550 untuk cinebench r20.

Untuk mendukung kinerjanya HP14s ini sudah disematkan dengan RAM 4GB single channel yang ternyata laptop ini mendukung 2 slot ram yang mendukung ram 2400 Mhz sesuai maksimum dari dukungan athlon 3050U. 


Walaupun kalian bisa menggunakan RAM diatas speed tersebut namun limitasi dari athlon 3050U akan menurunkan speed ke 2400 Mhz saja.

Untuk storagenya sendiri HP14s ini sudah menggunakan SSD 256 GB M.2 sata yang memang sudah cukup kencang untuk aktifitas berat sekalipun.

Optional untuk mengupgrade ke hdd sepertinya memungkinkan dengan adanya slot hdd yang tersedia di sebelah battery 3-cell, 41 Wh Li-ion yang disematkan.

Dengan battery ini pengetestan full load kami bisa bertahan sampai 4 jam sedangkan untuk penggunaan standart tentunya bisa jauh lebih lama dari itu. 

  • Performa

Performa HP14s Athlon Silver ini melebihi ekspetasi kami dalam hal kinerja operasional sehari hari.

Bahkan untuk editing video menggunakan premiere pro juga masih bisa dilakukan di notebook ini.

Untuk gaming sendiri, performanya memang cukup baik dengan dukungan radeon vega yang memiliki 2 core count yang memang bukan di tujukan untuk gaming berat.

Namun untuk kamu penggemar genshin impact dan tidak bermasalah untuk bermain dengan low setting dan fps berkisar 20 laptop ini masih bisa digunakan.

Sebagai notebook dengan harga hanya 5 jutaan HP 14s ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian yang membutuhkan notebook untuk aktifitas sehari-hari dan tetap terlihat keren untuk dibawa bawa.

Post a Comment

0 Comments