Review lengkap Laptop Desain HP Probook x360 435 G7 Ryzen 3 4300U

Mereview laptop desain merupakan hal yang paling kami sukai di studio Kepotekno.

Oleh karena itu kedatangan laptop desain satu ini tentunya membuat kami sangat tertarik untuk menguji performanya.

Ini adalah HP Probook x360 435 G7 varian Ryzen 3 4300U.


  • Desain
 
HP Probook x360 435 G7 ini memiliki desain yang terlihat cukup premium, dimana dengan tampilan elegan ala notebook HP ini memang secara desain terlihat simple.  

Logo HP dibagian cover yang glossy membuat tampilan first look dari laptop ini terlihat mewah dan profesional.

 
Untuk ukuran dimensinya juga dirasa cukup, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil dengan ukuran sisi terpanjangnya hanya sekitar 30 cm dan sisi lebarnya 22 cm, sehingga laptop ini memang ditujukan untuk mobilitas tinggi.

Terutama laptop ini memang cukup ringan dengan berat kurang dari 2 Kg. 

  • Spesifikasi

 
  •  Performa

Dengan ditenagai Ryzen 3 4300U, processor 4 cores 8 threads dari AMD membuat laptop ini cukup mumpuni dalam aktifitas kerja desain yang cukup intense.

  

Gw sempat menggunakan laptop ini untuk mengedit video dari channel gaming kami, dan terlihat laptop ini cukup handal dengan bisa melakukan playback video dengan mulus walau hanya dengan ram 8 GB single channel.

Namun saat melakukan editing 3D, memang laptop ini agak sedikit kurang powerful seperti saudaranya yang varian ryzen 5.

Karena memang Ryzen 3 4300U ini hanya menggunakan internal grafik sebesar 5 core count dengan clock 1400 Mhz dan tentunya shared VRAM.

Begitu pula juga untuk game, kita test untuk game favorit saat ini genshin impact kalian bisa mendapatkan 30 FPS dengan settingan low 720p atau low 1080p dengan 0.8 render ratio.

Namun kalau kalian masih hype dengan game among us, laptop ini bisa menjalankan dengan baik game ini dan sangat menyenangkan untuk memiliki akses touchscreen untuk melakukan sabotase saat menjadi impostor. 
 
 
  • Upgradebilitas
HP Probook x360 435 G7 ini juga sudah dilengkapi dengan SSD M.2 256 GB PCIe® NVMe™ SSD yang memang tergolong cukup kecil.

Mengingat saat mengakses laptop ini kami tidak menemukan ruang untuk menambah HDD conventional. So apabila kalian membutuhkan tambahan penyimpanan bisa melakukan upgrade ssd ataupun menambahkan microsd.

 
Saat didalam kita juga bisa melihat pendingin dari laptop ini yang cukup minimalis namun efektif dalam menjaga suhunya.

Dengan pengetestan kegiatan harian, suhu laptop ini terjaga dibawah 60C dengan fan sama sekali tidak bising.

Bahkan saat pengetestan full load fan juga terasa tetap tidak mengganggu, namun memang saat tidak menggunakan charger sepertinya fan tidak bekerja maksimal sehingga suhu bisa mencapai 90C dan saat menggunakan charger barulah suhu bisa berkisar di 80C.

Namun tidak perlu begitu khawatir juga. Toh ini laptop convertible sehingga aktifitas biasanya berfokus di bagian layar yang tidak terasa panas sama sekali karena processor terdapat dibagian body.

Selain itu yang perlu di apresiasi lagi HP Probook x360 435 G7 ini memberikan 2 slot RAM yang bisa digunakan dengan salah satunya sudah terisi RAM 8GB 3200 mhz.  

Sehingga dengan adanya slot ekstra ini kalian bisa menambahkan ram sampai maksimal 32 Gb kalau mau.

Battery yang disematkan juga cukup mumpuni dengan besaran kapasitas 45Wh.  

Yang apabila berdasarkan pengetestan kami laptop ini bisa berjalan dengan aktifitas desain dan mode full performance tanpa charger bisa mencapai diatas 6 jam. 

  • Kesimpulan
HP Probook x360 435 G7 ini serasa sangat oke banget buat kalian yang membutuhkan laptop desain yang minimalis.

Dengan harga sekita 11 Jutaan terntunya HP Probook x360 435 G7 varian ryzen 3 ini cukup worthed, walaupun apabila ada dana lebih sedikit kami menyarankan ambil yang varian ryzen 5 yang dihargai sekitar 14 jutaan.

Post a Comment

0 Comments