Info Terbaru

Notebook Desain Idaman, Lenovo Yoga 530


Lenovo Yoga 530 yang ditenagai Ryzen processor dan AMD Radeon Vega hadir dengan mengedepankan kemampuan tinggi serta portabilitas untuk pekerja seni yang mobile.



  • DESAIN

Dengan desain convertible, Lenovo Yoga 530 memiliki desain yang terlihat elegan namun tidak mengurangi unsur fungsionalitas dari sebuah notebook yang powerful.

Material yang digunakan juga cukup kokoh dengan menggunakan magnesium untuk bagian keyboard namun sayangnya back cover sepertinya menggunakan plastik.

Dibagian layar sudah menggunakan gorilla glass yang bertujuan melindung layar sentuh 14 inch IPS 1080p dari notebook ini.

untuk kecerahan layar maupun ketajaman warna memang tidak sebaik notebook convertible yang sebelumnya kami review, tapi masih cukup baik dan tidak disangka lebih nyaman untuk dilihat berlama-lama.

  • SPESIFIKASI
Spesifikasi Lenovo yoga 530 hadir di indonesia dengan varian Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U, Dengan selisih harga tidak berbeda jauh varian Ryzen 7 2700 mungkin lebih worthed untuk didapatkan saat ini.

 Untuk notebook yang kami review saat ini menggunakan Ryzen 5 2500U dan vega 8,
sama seperti review processor ryzen 5 2500U sebelumnya, Demi menjaga suhu processor akan terlock dibawah 3 ghz saat full load. dan dapat mencapai 3.6 Ghz saat aktif single core.

Dan seperti biasa juga notebook tipis menghasilkan panas yang cukup tinggi dimana saat melakukan syntentic test dengan cinebench suhu processor bisa mencapai 80 C tapi tenang saja kalian bisa menurunkan suhu dengan merubah menjadi better performance atau menurunkan maksimum core clock nya di power management.

Walau begitu penggunaan Ryzen 5 2500U untuk aplikasi desain maupun gaming sudah cukup berlebih sehingga kemungkinan mencapai suhu maksimal kecil kemungkinan. Namun kalian akan dapat merasakan hangat dibagian atas keyboard sebelah kiri.

Berbicara soal suhu fan yang digunakan lenovo yoga 530 ini tidak terlalu berisik walau full load. pastikan juga lubang ventilasi dibagian belakan tidak tertutup agar performa dari notebook ini tetap maksimal.

Vega 8 juga merupakan VGA yang cukup tangguh untuk gaming casual. Memainkan beberapa game seperti CS-Go Dragon Ball fighter Z masih dapat dilakukan dengan mudah.

Sedangkan untuk PES 2019 juga masih bisa mendapatkan diatas 40 FPS untuk settingan low 720p dan game baru just cause 4 juga bisa mencapai diatas 20 FPS namun banyak grafik glitch kemungkinan dikarenakan driver yang tidak sesuai.

Sayangnya untuk optional upgrade sepertinya sulit dilakukan sendiri, selain kalian harus mempunyai obeng khusus yang walaupun tidak mahal tapi tetap butuh keahlian khusus untuk mengupgrade RAM dan SSD dari notebook ini.





  • FINAL VERDICT
Kembali ke dasar tujuan utama dalam membeli lenovo yoga 530 adalah performa dalam penggunaan desain baik 2D dan 3D. Untuk Lenovo yoga 530 juga menyediakan pen stylus yang ternyata menggunakan battery a2 didalamnya.

Secara fungsionalitas pen stylus ini kami rasakan lebih asik digunakan dikarenakan akurasi yang baik hampir menyerupai pen tablet kami. Dan Lenovo juga menyediakan slot untuk meletakan pulpen ini yang bisa di masukan ke port usb pada Lenovo Yoga 530 ini.

Dengan harga 11jutaan untuk varian ryzen 5 dan 13 jutaan untuk varian ryzen 7 kami rasa lenovo yoga 530 menjadi notebook yang bisa kami andalkan dalam desain 2D sehari hari kami. (Ys)