Info Terbaru

INDUSTRI 4.0: NAVIGASI TEKNOLOGI DALAM MANUFAKTUR

 



Teknologi canggih dan layanan dapat memiliki efek transformatif dalam hal biaya, kualitas produk, dan produktivitas, yang secara substansial meningkatkan profit bagi perusahaan manufaktur.
Oleh: Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD APJ


 

Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Asia-Pasifik dan Jepang (APJ) membuat langkah luar biasa dalam mempercepat adopsi Industri 4.0. Faktanya, menurut GSMA Intelligence, sumber valid  wawasan, prakiraan, dan penelitian industri mobile yang digunakan di seluruh dunia, “negara-negara di Asia Pasifik telah menetapkan kerangka kerja di tingkat nasional, mengakui potensi Industri 4.0 untuk membantu mempersiapkan struktur ekonomi untuk produktivitas dan ketahanan yang lebih besar. ” dengan satuan tugas resmi yang berdedikasi di berbagai pasar termasuk Jepang, Korea dan Singapura. Laporan yang sama memberikan ringkasan visi Industri 4.0 di beberapa negara, tercantum di bawah ini:  

  • Australia telah melembagakan Industry 4.0 Taskforce  yang bekerja melalui inisiatif Testlabs untuk berkolaborasi dengan industri sehingga mampu meningkatkan daya saing industri manufaktur.
  • Masyarakat Jepang 5.0 berfokus pada mobilitas, perawatan kesehatan dan pengasuhan, manufaktur, pertanian, makanan, pencegahan bencana, dan energi.
  • Kerangka kebijakan Industri 4.0 Malaysia berfokus pada pertumbuhan produktivitas tenaga kerja, kontribusi manufaktur terhadap ekonomi, kapasitas inovasi, dan pekerjaan berketerampilan tinggi.
  • Strategi utama Singapura meliputi: mengubah fasilitas dan operasi, kemitraan R&D untuk mengembangkan potensi baru, dan berkolaborasi dengan komunitas manufaktur.

Terbukti dalam banyak prioritas Industri 4.0 nasional yang disebutkan di atas, industri manufaktur di seluruh kawasan telah siap untuk mendapatkan manfaat signifikan dari visi Industri 4.0, yang sangat menekankan pada manufaktur yang didorong oleh inovasi. 


Untuk memanfaatkan secara efisien apa yang ditawarkan teknologi Industri 4.0, perusahaan desain dan manufaktur di seluruh kawasan mulai beralih dari sistem lama dan proses tradisional, untuk memanfaatkan teknologi generasi berikutnya untuk mengotomatisasi, meningkatkan, dan merampingkan proses. Sebuah studi oleh Deloitte mendukung transisi ini, melaporkan bahwa perusahaan yang matang secara digital menikmati berbagai manfaat spesifik yang timbul dari transformasi digital mereka, tetapi lebih dari itu, intinya. Sebagai bukti, studi transformasi digital Deloitte tahun 2020 menemukan bahwa perusahaan dengan kesiapan transformasi digital yang lebih tinggi melaporkan pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 45%. 


Meningkatkan Kinerja dalam Beban Kerja Inti Manufaktur

Biaya, kualitas produk, dan produktivitas adalah tiga pilar utama dalam industri manufaktur; efisiensi yang lebih besar di ketiga pilar akan menjadi perjalanan yang tidak pernah berakhir. Teknologi dan layanan canggih dapat memiliki efek transformatif di ketiga pilar, yang secara substansial meningkatkan laba perusahaan manufaktur.


Secara umum, perusahaan manufaktur beralih ke High Performance Computing untuk mendukung berbagai beban kerja dalam domain manufaktur, termasuk beban kerja Computer Aided Engineering (CAE), Electronic Design Automation (EDA), dan Finite Element Analysis (FEA). Komputasi kinerja tinggi dapat membantu produsen di setiap tahap pengembangan produk, mulai dari menjalankan simulasi desain tingkat lanjut hingga mengotomatisasi proses dan memprediksi masalah pemeliharaan. Ada beberapa solusi dengan kemampuan berbeda untuk menyesuaikan beban kerja yang sangat spesifik. Di AMD saja, pelanggan dapat memilih dari jajaran prosesor EPYC, jajaran Ryzen™ Threadripper™ PRO dan kini, prosesor AMD EPYC™ 7003 dengan teknologi AMD 3D V-Cache™.  

Data center yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC™ membantu menghadirkan kinerja dan skalabilitas yang tak tertandingi untuk beban kerja virtual CAE dan EDA di segala ukuran. Prosesor AMD EPYC™ dirancang untuk meningkatkan throughput komputasi beban kerja simulasi teknik seperti CAE, dan EDA dengan mengurangi latensi yang mempengaruhi waktu siklus desain, berkontribusi pada desain produk yang lebih baik dan berkualitas lebih tinggi. 

Prosesor AMD Ryzen™ Threadripper™ PRO menghadirkan hingga 64 core untuk simulasi dan rendering multithread dengan keunggulan core yang memiliki kemampuan frekuensi tinggi untuk beban kerja ringan, membantu organisasi menyelesaikan proyek desain yang paling menuntut. 

Yang terbaik adalah hanya menjadi lebih baik dengan peluncuran Prosesor AMD EPYC 7003™ dengan teknologi AMD 3D V-Cache, meningkatkan performa dengan terobosan pada beban kerja komputasi teknis yang ditargetkan yang relevan di industri manufaktur seperti FEA dan computational fluid dynamics( CFD):

  • Beban Kerja CFD (Menganalisis dinamika fluida lebih kencang): Kecepatan maksimum hingga 82% pada computational fluid dynamics dengan Ansys Fluent.
  • Beban Kerja FEA (Finite Element Analysis): Prosesor 64-core, AMD EPYC 7773X dapat memberikan, rata-rata, kinerja 44 persen lebih tinggi pada aplikasi simulasi Altair® Radioss® dibandingkan dengan prosesor tumpukan teratas pesaing.

Meskipun demikian, untuk menemukan keseimbangan paling optimal antara biaya, kualitas produk, dan produktivitas, penting bagi para pemimpin bisnis untuk mengidentifikasi berbagai beban kerja dalam proses manufaktur yang spesifik, mengevaluasi sejauh mana setiap beban kerja digunakan dan berinvestasi dalam perangkat kerja spesifik. Namun, seperti yang telah disebutkan, dengan begitu banyak solusi dan produk di luar sana, para pemimpin bisnis menjadi kebingungan tentang pemilihan alat khusus apa yang ideal untuk kebutuhan bisnis unik mereka. 

Mengevaluasi sejauh mana setiap beban kerja digunakan dalam organisasi akan memungkinkan para pemimpin bisnis untuk mengidentifikasi alat khusus beban kerja yang tepat untuk meningkatkan operasi bisnis secara keseluruhan. Di sinilah konsultan ahli akan menjadi sebuah investasi dengan ROI yang signifikan.


Pertimbangan lain: Pengurangan Daya dan Keamanan

Sementara poin-poin yang disebutkan di atas memiliki aspek teknis industri manufaktur dan peran teknologi dalam meningkatkan beban kerja ganda, ada berbagai pertimbangan lain yang dapat mengarah pada keseimbangan biaya-kualitas-produktivitas yang lebih baik, termasuk pertimbangan efisiensi energi dan keamanan.


Reduced Power

Terkait pengurangan tenaga, ini adalah pertimbangan utama dengan dampak positif jangka panjang yang signifikan tidak hanya terhadap lingkungan, tetapi juga terhadap Total Cost of Ownership (TCO) organisasi. Sebagai ilustrasi, prosesor AMD EPYC™ 7003 Series dengan AMD 3D V-Cache menggunakan daya hingga 30% lebih sedikit, dan akan memungkinkan penghematan sekitar 123,53 Metrik Ton CO2 yang merupakan perkiraan penyerapan karbon setara dengan 49 hektar hutan AS setiap tahun . Tidak hanya itu, dengan efisiensi daya yang disediakan oleh prosesor AMD Seri EPYC™ 7003 dengan AMD 3D V-Cache, penggunaan server hingga 30% lebih sedikit dan pengurangan TCO 3 tahun hingga 30% persen dibandingkan dengan server tanpa V-Cache teknologi. 


Keamanan

Meningkatkan keamanan adalah usaha yang terus berkembang tanpa akhir, terutama untuk industri manufaktur. Karena inisiatif pabrik pintar terus berkembang di seluruh jejak global produsen, risiko dunia maya diperkirakan akan terus meningkat. Faktanya, menurut sebuah studi oleh Deloitte dan Aliansi Produsen untuk Produktivitas dan Inovasi (MAPI), empat puluh delapan persen produsen yang disurvei mengidentifikasi risiko operasional, termasuk keamanan siber, sebagai bahaya terbesar bagi inisiatif pabrik pintar. Studi tersebut juga menyatakan bahwa banyak perusahaan manufaktur melihat peningkatan insiden terkait dunia maya yang terkait dengan sistem kontrol yang digunakan untuk mengelola operasi industri. 

Karena banyak kasus penggunaan pabrik pintar masih dalam tahap perencanaan dan tahap awal, sekaranglah waktunya untuk menyelaraskan proyek-proyek ini dengan program-program risiko siber. Rancang dan sertakan kontrol keamanan end-to-end yang sesuai, dan mulai dari tingkat prosesor. Mengidentifikasi solusi keamanan yang tepat tanpa kompromi kinerja adalah kuncinya. Built-in pada tingkat silikon, AMD Infinity Guard menawarkan kemampuan canggih yang diperlukan untuk membantu bertahan dari ancaman internal dan eksternal dan membantu menjaga data Anda tetap aman dengan hampir nol dampak terhadap kinerja sistem. 

Kesimpulan

Pandemi Covid-19 awalnya memperlambat upaya digitalisasi tidak hanya di APAC, tetapi dalam skala global. Sekitar 38% produsen yang disurvei oleh Deloitte menunda investasi pabrik pintar pada Agustus 2020[14]. Namun demikian, pada tahun 2021, 80% produsen melaporkan bahwa pabrik pintar adalah kunci kesuksesan masa depan[15], menurut laporan Plex. Investasi kemungkinan akan terus mengalir ke sektor ini, dan sekarang saatnya, lebih dari sebelumnya, untuk berinvestasi pada alat dan sumber daya yang tepat untuk meningkatkan sektor manufaktur sejalan dengan tujuan Industri 4.0

No comments