Info Terbaru

ALELEON Supercomputer Bertenaga Prosesor AMD: Mendorong Batas Komputasi Performa Tinggi di Indonesia

Berdiri di Indonesia, EFISON meluncurkan ALELEON Supercomputer pada April 2021. Bertenaga AMD EPYC™ 7702P dan Prosesor AMD Ryzen™ Threadripper™ 3990X, ALELEON Supercomputer adalah layanan superkomputer EFISON publik pertama untuk komputasi saintifik, kecerdasan buatan, dan big data.  

Cakupan dan Relevansi Komputasi Performa Tinggi

Data telah, dan akan terus menjadi kekuatan pendorong di belakang kemajuan bisnis, akademik, dan saintifik, menciptakan permintaan komputasi yang signifikan. 

Faktanya, perkiraan DataSphere IDC menunjukkan bahwa penciptaan dan replikasi data global akan mengalami compound annual growth rate (CAGR) sebesar 23% selama periode perkiraan 2020-2025.

Dengan tenaga dan kecepatan komputasi yang ditawarkan oleh teknologi High Performance Computing (HPC), HPC dapat sangat mengurangi waktu dan TCO yang diperlukan untuk melakukan operasi intensif komputasi dan memproses data dalam jumlah besar. Menyadari nilai luar biasa dari teknologi HPC di dunia berbasis data saat ini, HPC kemungkinan akan digunakan oleh organisasi dari semua ukuran dan menyatu dengan bidang komputasi canggih lainnya termasuk komputasi cloud, AI, dan pembelajaran mesin.  

Hal ini didukung oleh laporan Deloitte Insights berjudul “Technology, Media and Telecommunications Predictions 2019”, yang mencatat bahwa pasar Superkomputer hanya 2 tahun yang lalu sekitar US$50 miliar, dan ini diproyeksikan akan tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi dan peningkatan permintaan untuk data.  

Tentang ALELEON SUPERCOMPUTER EFISON


Menyadari nilai bisnis, riset/saintifik, dan sosial HPC, EFISON didirikan dengan dedikasi khusus untuk meningkatkan aksesibilitas ke teknologi HPC. Setelah 6 bulan pengujian beta, EFISON berhasil merilis ALELEON Supercomputer berbasis CPU AMD EPYC, layanan HPC bertenaga prosesor AMD pertama di Indonesia yang dapat diakses publik untuk komputasi saintifik, analisis big data dan di bidang artificial intelligence, mempengaruhi cakupan penggunaan HPC di Indonesia.   

Sebuah sistem custom-built yang ditenagai oleh prosesor server AMD EPYC™ 7702P dan Prosesor AMD Ryzen™ Threadripper™ 3990X, ALELEON Supercomputer tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat umum hingga akademisi dan institusi. Dengan kemampuan luar biasa untuk komputasi saintifik, kecerdasan buatan, dan komputasi big data, ALELEON Supercomputer bertujuan untuk membuat HPC dapat diakses oleh semua orang, memungkinkan dan menginspirasi generasi inovator berikutnya.   

EFISON juga spesialis dalam jasa sistem integrasi pembangunan infrastruktur komputer, mulai dari server hingga komputer pribadi, merancang dan menerapkan solusi sistem TI agar sesuai dengan kebutuhan komputasi para pengguna.  

Tantangan Customer 

Dengan meningkatnya volume dan kecepatan data yang masuk, berikut adalah beberapa keterbatasan/tantangan yang umum dihadapi oleh dunia usaha, fasilitas penelitian, institusi pendidikan dan beberapa bidang lainnya:  

Infrastruktur on-premise yang tidak efisien: Infrastruktur komputer yang ada secara cepat dapat tertinggal sehingga menghambat waktu dan efisiensi dalam mengolah set data yang lebih baru, besar, dan kompleks; kemampuan yang menjadi semakin esensial untuk tetap kompetitif di dunia yang didorong oleh data saat ini. 

Kendala sumber daya: Institusi yang lebih kecil menghadapi kendala sumber daya yang signifikan seperti keterbatasan tenaga, waktu dan anggaran yang mencegah penyelesaian proyek yang membutuhkan data sebelum tenggat waktu; kecepatan komputasi menjadi sangat penting. 

Batasan pada kualitas akhir produk: Tanpa akses ke teknologi yang tepat dengan tingkat komputasi yang sesuai, (performa dan kecepatan), institusi terbatas dalam jumlah skenario percobaan yang dapat mereka lakukan, yang secara signifikan berdampak pada kualitas hasil akhir mereka. 

HPC telah menjadi sarana yang bermanfaat di berbagai bidang untuk menghasilkan wawasan, memajukan penemuan saintifik, menghasilkan desain produk yang lebih baik, dan menemukan jawaban atas masalah yang kompleks.  

Lembaga yang mengakui nilai HPC dalam memecahkan tantangan di atas mungkin tidak memiliki sumber keuangan atau keahlian untuk meningkatkan infrastruktur mereka. Membangun infrastruktur superkomputer, HPC, atau cluster komputer yang tepat itu menantang, memakan waktu, dan mahal. Dengan keahlian dan pengetahuan yang tepat, bisnis akan mampu membangun sistem berkemampuan tinggi yang dapat meningkatkan performa aplikasi, mempercepat transaksi pelanggan dan meningkatkan pengambilan keputusan.   

Menyadari tantangan/keterbatasan yang dihadapi oleh institusi di Indonesia, EFISON mengadopsi solusi AMD EPYC dan Ryzen Threadripper untuk membangun ALELEON Supercomputer; Prosesor AMD sangat penting dalam mendorong desain sistem tingkat enterprise, memungkinkan performa yang kencang dan akurat.   

Solusi AMD Mentenagai ALELEON Supercomputer:  

Dengan perpaduan komputasi dari AMD EPYC 7702P dan prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X, ALELEON Supercomputer dari EFISON menghadirkan komputasi performa tinggi terdepan untuk masyarakat umum di Indonesia.  

AMD EPYC™ 7702P
Menetapkan standar luar biasa untuk performa, fitur keamanan, dan skalabilitas untuk beban kerja yang menuntut, prosesor AMD EPYC 7702P memiliki 64 core dan 128 thread berdasarkan AMD Infinity Architecture yang memberdayakan perancang sistem dan arsitek cloud untuk mengeluarkan performa server terbaru tanpa mengorbankan usaha, kemudahan pengelolaan, atau kemampuan untuk membantu mengamankan aset terpenting organisasi mereka, data.    

AMD Ryzen™ Threadripper™ 3990X
AMD Ryzen Threadripper 3990X menawarkan 64 core dan 128 thread untuk beban kerja rendering secepat kilat dan total 88 lajur PCIe® 4.0 yang luas untuk memenuhi kebutuhan GPU dan NVMe yang besar.   

"AMD EPYC dan AMD Ryzen Threadripper dirancang secara khusus demi menghasilkan standar performa, keamanan, dan skalabilitas yang superior untuk mengerjakan beban kerja yang paling berat, di mana kebutuhan akan High Performance Computing telah meningkat drastis" kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, Asia Pasifik & Jepang. "Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan organisasi seperti EFISON, sebuah entitas bisnis yang berbagi semangat kami dalam membangun produk luar biasa guna mempercepat pengalaman komputasi generasi berikutnya. Kami berharap EFISON sukses dalam segala upaya mereka membuat High Performance Computing terjangkau oleh semua kalangan, mendorong batasan atas apa yang mungkin dilakukan oleh bidang komputasi saintifik, analisa big data, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) di Indonesia."

Apa artinya memiliki akses terjangkau ke Superkomputer? 

Peningkatan kecepatan dan kecerdasan: Pengguna HPC dapat memperoleh manfaat besar dari kecepatan dan kekuatan komputasi dengan ALELEON Supercomputer yang ditenagai CPU AMD untuk memenuhi tenggat waktu proyek mereka. 

Untuk bisnis, efisiensi dan kecepatan dalam mengolah data menjadi arti yang bermakna untuk pengambilan keputusan berpotensi untuk menempatkan proses bisnis yang lebih depan dari kompetitor pada dunia bisnis yang kini sangat  dipengaruhi oleh data.    

Untuk peneliti dan komunitas saintifik, ALELEON Supercomputer yang ditenagai oleh AMD memungkinkan pengguna HPC untuk melakukan komputasi yang lebih kompleks dan canggih. Komputasi yang dipercepat memungkinkan peneliti untuk melakukan lebih banyak lagi trial and error, yang mengarah pada hasil penelitian yang lebih tepat. 

Biaya lebih rendah: Dengan akses ke kecepatan komputasi dan daya ALELEON Supercomputer, organisasi dapat menemukan nilai yang lebih besar dalam memanfaatkan fasilitas superkomputer yang tersedia untuk umum dibandingkan mengeluarkan investasi untuk pengadaan infrastruktur komputer ditempat. 

Untuk bisnis yang membutuhkan infrastruktur di tempat, EFISON juga menspesialisasikan diri dalam jasa integrasi pembangunan infrastruktur komputer mulai dari server hingga komputer pribadi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis pelanggan. Dengan infrastruktur yang tepat, organisasi akan dapat memanfaatkan sumber daya yang tepat untuk beban kerja yang tepat untuk operasi mereka.  

Menginspirasi dan membuka peluang baru: Dengan daya komputasi dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh ALELEON Supercomputer kepada publik, hal ini berpotensi menginspirasi dan memungkinkan munculnya bidang penelitian komputasi baru di Indonesia, seperti penelitian nanomaterial menggunakan software QUANTUM ESPRESSO, software open-sorce untuk kalkulasi struktur elektronik dan pemodelan material. 

Selain meningkatkan kemampuan bisnis dan fasilitas penelitian yang ada, peningkatan aksesibilitas ke teknologi HPC yang disediakan oleh EFISON dapat memiliki dampak ekonomi dan sosial yang lebih luas karena membuka jalan baru untuk penelitian di Indonesia. 

Dengan ALELEON Supercomputer yang ditenagai CPU AMD, EFISON berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas HPC, mendorong inovasi dan wawasan dengan komputasi performa tinggi yang inovatif dan fitur keamanan canggih untuk membantu memberikan hasil yang belum pernah ada sebelumnya.  

No comments