Review lengkap ASUS Vivobook M409DA AMD Athlon Gold 3150U

Salah satu laptop terbaru lagi dari ASUS kembali menawarkan desain mewah, performa yang dapat diandalkan dengan harga yang terjangkau.

Seperti salah satu laptop yang hadir di meja review kepotekno kali ini.

 


ASUS M409DA merupakan salah satu varian dari jajaran Vivobook yang ditujukan untuk user yang membutuhkan laptop yang bisa diandalkan namun dengan harga yang terjangkau.

  • DESAIN

Di bandrol dengan harga 5 jutaan saja, ASUS M409DA ini menampilkan desain yang elegan. Material yang digunakan cukup baik dengan build quality yang dapat kami bilang sangat solid.


Baik dari bagian trackpad dan keyboard dirasa sangat solid bahkan tidak terasa adanya bending atau flexing saat ditekan.

Minusnya pada bagian keyboard hanya tidak hadirnya backlit dan tombol power yang terletak di dalam bagian dari keyboard. Selain hal tersebut pengalaman mengetik di laptop ini terasa sangat baik dan tidak ada kendala sama sekali.

Disisi trackpad dilengkapi fingerprint sensor yang sangat sensitif untuk digunakan login dengan windows Hello.

Walaupun untuk desain trackpad terasa agak kecil namun cukup enak digunakan dengan travel yang mempunyai akurasi yang baik.

 


Untuk display ASUS M409DA ini memiliki display 14 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixels yang menurut kami sudah cukup memadai untuk kegiatan sehari hari.

Sayangnya memang untuk layar dari ASUS M409DA ini belum menggunakan panel IPS, namun kualitas kontras warna dan brightness nya cukup baik.

  • Spesifikasi


  •  UPGRADEBILITY

ASUS M409DA ini memiliki upgradebilitas yang cukup baik dimana untuk mengakses slot RAM dan SSD sangat mudah hanya dengan membukan panel belakang.


 

Namun memang anehnya heatsink dari Laptop ini tidak terkoneksi ke fan pendingin, Sehingga kemungkinan besar laptop ini menggunakan pendingin semi passive.

Selain itu untuk varian yang SSD ini tampaknya walaupun memiliki ruang untuk HDD 2.5" namun tidak disediakan konektor untuk koneksinya.

  • PERFORMA

Pengetestan kami terhadap laptop ASUS M409DA ini menggunakan benchmark sintetis PC Mark dan Cinebench menghasilkan score yang cukup baik.

 

 

Selain itu untuk performa gaming walaupun hanya dibekali AMD Radeon Vega 3 performa laptop ini cukup tangguh untuk menjalankan game e-sport seperti Valorant dan FallGuys.

 



  • VIDEO

 



  • KESIMPULAN

Dengan harga yang terjangkau hanya 5 jutaan, ASUS Vivobook M409DA ini memang sangat cocok sekali terutama untuk kalian yang membutuhkan laptop dengan performa mumpuni untuk kegiatan sehari hari dengan tanpa mengurangi desain yang keren.





Post a Comment

0 Comments