Kartu grafis low budget terbaik untuk gaming 1080p di 2020

Memasuki tahun 2020, pilihan kartu grafis pun semakin bertambah banyak. Terutama karena gencarna AMD merilis produk terbarunya.

Untuk itu kali ini kami mencoba mereview salah satu kartu grafis yang menurut kami memiliki performa yang oke untuk harga yang terjangkau.


Radeon RX 5500XT dari Sapphire Pulse ini adalah merupakan salah satu kartu grafis entry level dari Radeon seri 5000.

Walaupun begitu peningkatan yang diberikan oleh kartu grafis ini jauh diatas seri kartu grafis radeon 500 sebelumnya.



Secara desain kartu grafis ini masih memiliki desain yang mirip dengan varian saphire Pulse lainya.
Dimensi RX 5500 XT ini memang agak  besar dengan panjang 23 CM dan lebar 12 CM, Namun walau begitu kartu grafis ini masih cocok untuk pc yang menggunakan Cassing micro ATX.
 
Dibagian belakang Sapphire masih melengkapi dengan backplate khasnya berwarna hitam dengan logo pulse yang menambah kegarangan kartu grafis ini.
Untuk bagian switch bios juga bisa kalian lihat disini untuk memilih bios silent atau normal.

Kartu grafis ini menggunakan daya 130 watt dengan 8 pin x 1 sebagai sumber dayanya.

Daya yang cukup terbilang kecil ini dapat mendeliver output 1 hdmi 2.0, dan 3 display port yang dapat mensupport 4K 60 FPS.
 
Untuk performa nya sendiri out of the box base clock kartu grafis ini sebesar 1737 Mhz dengan Boost bisa mencapai 1845 Mhz.
Untuk memory sendiri disini kami menggunakan varian 4GB yang menggunakan memory GDDR6 dengan clock 1750 Mhz.



Kami pun mencoba melakukan pengetestan dengan build AMD murah meriah kami untuk mengetahui performa kartu grafis ini di resolusi 1080p dan bahkan ultra setting dalam game AAA.

SPESIFIKASI BUILD 
Ryzen 3 3200G
Sapphire Nitro RX 5500XT 4GB
RAM 16 GB GSkill FlareX
PSU Enlight 650W



Pengujian performa Sapphire Pulse RX 5500XT ini melebih expetasi kami.
Pada beberapa game AAA dengan menggunakan settingan rata kanan / ultra setting kartu grafis ini masih dapat memainkan game dengan framerate diatas 30 FPS.


Sedangkan untuk power consumptionnya juga masih tergolong rendah, dimana keseluruhan build kami pada saat full load hanya berkisar 200W.

Kami juga melakukan pengetestan untuk membandingkan dengan build intel kami menggunakan kartu grafis ini. Menggunakan processor i3 9100F yang secara spesifikasi 11-12 dari Ryzen 3 kami juga mendapatkan performa yang signifikan dari Sapphire Pulse RX 5500XT ini.



Dibandrol dengan harga 2 jutaan, tentunya ini kabar baik bagi PC Gamer yang ingin membangun low budget gaming PC mereka dengan kartu grafis ini.

Post a Comment

0 Comments