What's HOT

AMD Berpesta, Ryzen 3000 & Radeon 5000 series meluncur

Jakarta, 29 Mei 2019. Kepopuleran AMD yang semakin memuncak membuat tim AMD terus mengucap syukur. Sampai pada akhirnya senin ...

Wednesday, July 24, 2019

Tips menjadi PC game streamer murah meriah




Menjadi seorang streamer saat ini merupakan salah satu penghasilan tambahan bagi para gamer. Dengan membuat konten streamer yang menarik tidak jarang gamer tersebut bisa mendapatkan pendapatan yang luar biasa.

Namun menjadi seorang streamer tidak mudah, selain harus memiliki koneksi internet yang stabil tapi juga harus memiliki peralatan dan software pendukung yang oke.

Dan apabila kita melihat peralatan profesional streamer tidak jarang menghabiskan dana yang juga sangat tinggi.
Tapi jangan takut sobat KEPO, kali ini kami akan membagikan tips murah untuk menjadi streamer terbaik.

1. Tidak punya webcam yang bagus

Terkadang seorang streamer perlu menunjukan reaksi dirinya saat memainkan game. Namun membeli webcam dengan kualitas yang baik terkadang memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Nah, untuk mengakalinya sobat KEPO bisa menggunakan aplikasi android ini.

Sebagian besar sobat KEPO pasti memiliki ponsel android. Dengan ponsel android yang beredar saat ini rata rata memiliki kamera dengan kualitas 5MP ataupun lebih.

Untuk menggunakan kamera ponsel sebagai Webcam maka sobat KEPO bisa menginstall software android DroidCAM ini pada ponsel android sobat KEPO.

Setelah  itu sobat KEPO bisa mendownload software client untuk diinstall pada komputer kalian.

Cukup menggunakan kabel USB ataupun WIFI dengan satu network yang sama maka sobat KEPO dapat menggunakan kamera ponsel android sebagai WEBCAM.

2. Aplikasi Streamer yang Oke

Melakukan streaming dari PC dapat dilakukan dengan berbagai software. Namun rekomendasi kami adalah OBS (bukan Streamlab OBS) karena untuk OBS ini memiliki interface yang lebih lengkap dan detail. Selain itu ada banyak plugin gratis yang bisa kalian install untuk menambah fitur OBS kalian.



Untuk mempelancar streaming kalian, jangan lupa untuk melakukan setting output resolusi dan bitrate sesuai kapasitas bandwith upload internet sobat KEPO.

Nah untuk sobat KEPO yang tidak mempunyai PC yang tidak cukup kuat untuk render bersamaan dengan main game, cukup merubah prioritas OBS di task manager menjadi high  seperti gambar dibawah ini.



Selain itu sobat KEPO juga bisa menggunakan restream.io untuk melakukan streaming ke berbagai platform dalam sekali klik.

3. Stream Deck

Mengapa kami memilih OBS sebagai stream software pilihan karena adanya pluging keren yang dapat membuat ponsel android kalian sebagai stream deck keren.


Untuk kalian yang belum tau stream deck adalah sebuah media shortcut untuk mempermudah melakukan streaming. Diperkenalkan oleh Elgato sebagai pelengkap perangkat streaming mereka stream deck bukanlah produk yang murah.

Mengakalinya kalian bisa menggunakan DeckBoard dan melakukan setup stream deck kalian sendiri.
Kalian bisa mendownload Deckboard versi windows disini dan untuk client androidnya disini.

Setelah itu untuk mengkoneksikan ke OBS kalian cukup menginstall plugin ini ke OBS kalian.


Itulah tips murah meriah menjadi streamer layaknya profesional streamer dari kami. Semoga sobat KEPO menyukai artikel kami kali ini dan jangan lupa untuk share artikel terbaik dari KEPOTEKNO. (Ys)