Info Terbaru

Bagaimana teknologi AMD Zen mengatasi problem security di tahun 2020


Tren kerja jarak jauh telah stabil selama beberapa waktu dan banyak aktivitas juga mendukung percepatan laju itu. Menurut penelitian Gallup 2012, 39% tenaga kerja AS bekerja di luar lokasi setidaknya paruh waktu. Pada 2016, angka itu meningkat menjadi 43% . Cukup adil untuk mengasumsikan bahwa jika pertanyaan itu diajukan pada tahun 2020, angka itu akan meningkat secara dramatis. 

Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya, jelas bahwa kini kerja jarak jauh akan menjadi bagian fungsi yang lebih permanen di banyak organisasi. Apakah karyawan bekerja dari rumah, pelajar yang terlibat dalam pembelajaran jarak jauh, atau keluarga dan teman-teman yang mengobrol menggunakan web dan konferensi video, sebenarnya ada normal baru yang muncul: konektivitas dan kolaborasi jarak jauh. 

Paradigma baru, masalah baru: mengamankan tempat kerja modern 

Pergeseran budaya dan organisasi ini telah membuat data rahasia pribadi dan bisnis sebagai target yang lebih menarik bagi kejahatan dunia maya. Karena traditional home networks dianggap kurang aman daripada jaringan enterprise, pengguna sistem komputer jarak jauh dapat dianggap sebagai kelemahan dan dengan demikian lebih rentan terhadap serangan cyber. Menurut sebuah penelitian, 86% eksekutif bisnis setuju bahwa pembobolan data lebih mungkin terjadi saat karyawan bekerja di luar kantor . 

Perpindahan ke pekerjaan yang lebih jauh ini juga terjadi karena serangan dunia maya menjadi semakin canggih, dengan ancaman yang menargetkan firmware tingkat rendah menjadi lebih menonjol. Untuk dapat terhindar dari ancaman yang terus berkembang, tim TI perlu memberikan solusi hardware dan software terintegrasi kepada pelanggan yang menawarkan fitur keamanan komprehensif untuk keseluruhan sistem.   

Keunggulan AMD "Zen": keamanan berbasis hardware yang komprehensif  

Meskipun keamanan software penting, keamanan software dapat dengan mudah dilewati dengan memanfaatkan kerentanan platform yang diketahui. Inilah salah satu alasan hardware-based security (HBS) menjadi lebih penting. Hal ini bertujuan untuk melengkapi keamanan software dan memberikan fondasi yang lebih kuat untuk seluruh platform dengan menyediakan mekanisme untuk mengisolasi data dan beban kerja yang krusial.

Sebagai vendor hardware canggih pada ekosistem PC, Server, dan konsol, AMD memiliki peran penting dalam meningkatkan keamanan dan perlindungan data dengan menyediakan sebuah arsitektur yang dirancang dengan pertimbangan keamanan. Dengan perpaduan fitur keamanan berbasis hardware dan perlindungan software terkait, AMD membantu melindungi para pengguna lebih baik dari banyak serangan dunia maya termasuk serangan firmware tingkat rendah yang canggih.

Arsitektur AMD "Zen" telah dirancang dengan mengutamakan fitur keamanan, dengan fokus khusus pada solusi untuk membantu melindungi data pengguna dan memberikan tenaga dan performa yang luar biasa. Ini adalah arsitektur "Zen" yang menjadi fondasi prosesor Ryzen™ dan EPYC™ yang telah mendapatkan begitu banyak momentum baru-baru ini pada PC / workstation / server, serta fondasi untuk beberapa konsol game teratas generasi mendatang.

Pendekatan keamanan berlapis, ketahanan kuat 

AMD percaya bahwa solusi keamanan modern terbaik hanya dapat dicapai melalui pertahanan berlapis. Inilah mengapa AMD bekerja sama dengan Operating Systems (OS) dan produsen PC untuk menyediakan fitur keamanan berbasis arsitektur dan hardware yang memperkuat penawaran keamanan mereka sendiri. Dengan melengkapi perlindungan ini di berbagai tingkatan, AMD menghadirkan keamanan kuat terhadap serangan yang beragam dan dinamis.    

  • Arsitektur Didesain dengan Mengutamakan Keamanan 

Arsitektur core berbasis AMD "Zen" dan "Zen 2" memberikan fondasi keamanan yang kuat. Arsitektur keamanan AMD membantu mengurangi eksposur serangan, dapat mengurangi downtime,yang  mungkin memerlukan lebih sedikit patch, dan dapat membantu meningkatkan total biaya kepemilikan. 


  

  • Hardware Terintegrasi Terpercaya 

AMD terus meningkatkan arsitektur silikonnya pada setiap generasi, memastikan arsitektur tersebut efektif melawan serangan cyber di masa depan. Terlepas dari arsitektur yang kuat, setiap arsitektur silikon AMD disertakan dengan prosesor keamanan hardware khusus, "AMD Secure Processor (ASP)," yang bertindak sebagai hardware root of trust. ASP menyediakan platform integrity dengan mengautentikasi firmware awal yang dimuat pada platform. 

Kemampuan untuk mengautentikasi setiap firmware sistem baru berarti perlindungan yang lebih kuat dari firmware jahat. Jika kesalahan atau modifikasi terdeteksi, maka secara otomatis akses akan ditolak. Ini membantu memastikan boot aman dan operasi terlindungi.   

  • Fitur Keamanan Mulus, Dari Firmware hingga OS  

Setelah firmware awal dan BIOS OEM diautentikasi, kontrol diteruskan ke OEM BIOS, yang kemudian meneruskan kontrol ke OS. Dengan cara ini, rantai kepercayaan dipertahankan di seluruh platform, memungkinkan firmware berbahaya dengan mudah dideteksi dan ditangani. Setiap bagian dari infrastruktur keamanan fisik melengkapi lapisan berikutnya, memberikan pertahanan yang lebih baik.   

  • AMD Memory Guard  



Prosesor AMD Ryzen™ Pro adalah prosesor komersial pertama di pasar yang menyediakan teknologi yang membantu melindungi data pengguna dengan mengenkripsi seluruh konten memori sistem sebagai fitur standar. AMD Memory Guard membantu memberikan perlindungan yang kuat terhadap serangan cold boot, pengintaian antarmuka DRAM, dan eksploitasi serupa lainnya yang digunakan untuk mendapatkan data pengguna. Ini juga OS agnostik dan transparan untuk aplikasi software, membantu meningkatkan keamanan data sejak dini.   


No comments