Apa sih Penataan Jaringan (KOMINFO)




Sebagian dari kalian pasti mendapatkan sms dari pihak kominfo terkait penataan jaringan yang berdampak pada koneksi kalian. Dan seketika itulah jaringan internet kalian menjadi jelek dan bermasalah. bahkan untuk bermain game online.

Kegiatan penataan frequency ini sebelumnya juga pernah dilakukan pada tahun 2015 namun untuk freq 3G atau 1600mhz. namun memang tidak seheboh saat ini karena sebelumnya kegiatan tersebut tidak ada informasi blast sms seperti belakangan ini.

Penataan freq ini disebut juga refarming frequency radio dimana agar setiap provider memiliki freq yang rapih. Tujuan nya informasi dari kominfo adalah untuk membuat layanan akses pengguna freq radio menjadi lebih stabil dan kuat. Namun bagaimana sebenarnya penataan freq itu berlangsung.

Setiap provider memiliki freq yang berbeda sesuai perijinan yang di berikan oleh kominfo. Freq 2.1 ghz yg dimiliki kominfo adalah 2110 sampai 2170 mhz, dimana freq 2160 sampai 2170 sebelumnya masih kosong. Dimana freq tersebut saat ini diberikan kepada hutchison three dan indosat.

Dikarenakan freq tersebut menjadi tidak rapi maka kominfo melakukan penataan freq dengan mengeser kedua slot freq tersebut agar menjadi satu dengan freq existing dari kedua provider tersebut.

http://www.postel.go.id



Saat kalian melakukan koneksi baik data maupun suara handphone kalian terkoneksi dengan jaringan sesuai freq yang ditetapkan oleh bts provider kalian. Perubahan freq ini tentunya juga harus dilakukan pada setiap bts pemancar yg ada. Proses ini dilakukan tidak semudah yang dibayangkan dikarenakan perubahan freq tersebut akan menyebabkan beberapa node bts bisa down dikarenakan lost connection.

Di saat terjadi beberapa bts down maka layanan akan terpengaruh baik dikarenakan congest maupun memang terputus. Bahkan sebagian wilayah akan merasakan kehilangan signal 2.1ghz atau 4G selama kegiatan ini berlangsung.

Untuk perbaikannya tiap provider tentunya harus menyiapkan tim untuk visit ke BTS yang problem tersebut dan menyesuaikan freq yang baru atau bahkan rollback apabila tidak memungkinkan.

Kegiatan ini menurut kominfo sudah berlangsung dengan cukup baik dan sudah berjalan lebih dari 60%. Tentunya pihak provider juga sudah melakukan antisipasi untuk kendala ini namun prioritas sebagian provider adalah untuk layanan voice sehingga layanan data kalian mungkin masih tetap terasa terganggu.

Jadi bagaimana menurut kalian apakah setelah dilakukan penataan freq ini diharapkan layanan koneksi internet dan voice kalian semakin baik?

(YS, Berbagai Sumber)